Konsep Desain Sudah Disiapkan, Lokasi Ibukota Baru Akan Diumumkan Jokowi

380

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyampaikan rincian dimana lokasi pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi.

“Untuk persiapannya detailnya belum, kalau sudah diumumkan dimana yang dipilih, baru bisa kita teliti bagaimana nanti biologi tekniknya, kondisi air tanah, bebatuannya, dan lain-lainnya,” ujarnya saat menghadiri dialog Nasional III, di Kementerian Perencanaan Pembangunan /Bappenas, Kamis (1/8).

“Tetapi konsep desainnya sudah kita selesaikan. Mungkin nanti akan ada yang direvisi lagi untuk konsep finalnya seperti apa,” tambahnya.

Yang pasti menurut Basuki perencanaan pemindahan itu harus dibuat seminimal mungkin dan tetap mempertahkan hutan Kalimantan. Untuk pemetaannya pun sampai hari ini belum disiapkan.

“Sekarang baru ada perkiraan dua lokasinya aja yang letaknya itu di Kalimantan. Tunggu ya, itu presiden yang umumkan. Tetapi lokasi itu tidak akan mengganggu hutan lindung,” tegasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan Ibu kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu wilayah di Pulau Kalimantan. Jokowiberjanji akan menyampaikan secara resmi tempat pemindahan ibukota pada Agustus 2019 ini. [rmol]

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 2