Kejahatan KKB Papua Terus Memakan Korban Jiwa, Mahfud MD: Presiden Minta Papua Dinormalkan

245
Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan institusi penegak hukum untuk menormalkan kondisi Papua.

Hal tersebut terkait berbagai peristiwa penembakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) dalam beberapa waktu terakhir.

“Terkait 8 pekerja yang meninggal di Papua sedang ditangani. Ya (pemerintah) terus mengoptimalkan institusi-institusi penegak hukum, penjaga keamanan dan pertahanan, serta menguatkan pemerintahan operasi teritorial,” ujar Mahfud MD saat kepada awak media, menghadiri Rapat Pimpinan Bakamla, Senin (7/3/2022).

Ia menyebutkan, Presiden Jokowi meminta kondisi di Papua bisa dinormalkan dengan menjaga kondusivitas oleh aparat penegak hukum terkait.

“Itu yang sudah digariskan Presiden, normalkan itu Papua. Papua harus dilihat dalam kondisi normal, karena kalau dianggap tidak normal malah jadi tidak produktif,” ucap Mahfud MD.

Ia memberikan contoh misalkan terkait perampasan senjata api (senpi) soal kasus kriminalitas di Papua tidak jauh berbeda dengan wilayah lainnya yang memiliki kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kita misalkan mau rampas senjata itu cuman dapat 111 dalam setahun misalnya. Tapi kalau di tempat lainnya yang normal seperti di Maluku dan Jakarta itu ribuan,” ujar Mahfud MD.

Ia menyebutkan, pemerintah akan terus mengoptimalkan kinerja institusi-institusi yang ada di Papua untuk meningkatkan stabilitas keamanan.

“Kan berarti sebenarnya disana itu normal. Tinggal bagaimana kita mengefektifkan institusi-institusi ini agar tidak ada dramatisir atau dramatisasi berita,” tuturnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : okezone

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 1 =