Kaum Muda Papua Nugini Deklarasi Dukung Kemerdekaan Papua Barat

456

 Kaum muda provinsi Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini mendeklarasikan dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Papua Barat, lepas dari Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Senin (9/8/2021), generasi muda di Provinsi Dataran Tinggi Selatan PNG mendeklarasikan mereka siap mendukung kemerdekaan Papua Barat.

Pada 8 Agustus 2021, para pemuda provinsi tersebut berikrar siap berdiri bersama semua orang Asli Papua berjuang untuk kemerdekaan.

“Mereka percaya bahwa Orang Papua Barat adalah satu bangsa dan satu leluhur, dan kami tidak bisa dipisahkan oleh alasan apa pun,” jelas JW Southern Highlands PNG dalam siaran persnya.

Dalam siaran pers tersebut juga menjelaskan bahwa para generasi muda Papua Nugini memahami warga Papua Barat adalah satu bangsa.

“Dengan dasar ini, maka mereka minta Indonesia harus tinggalkan Papua Barat dan memberikan Hak Kemerdekaan bagi Bangsa Papua Barat,” jelasnya.

Para Generasi muda Papua Nugini juga menuding Indonesia membunuh dan menangkap serta menyiksa warga asli Papua.

“Maka kami orang Asli Papua di PNG tidak akan duduk diam, melainkan kami akan bangkit dan mendukung perjuangan saudara-saudari kami di Papua Barat,” tegasnya.

Koordinator yang belum mau menyebutkan namanya dalam deklarasi itu mengatakan, mereka secara damai akan menyuarakan aspirasi perjuangan Orang Papua Barat.

Aspirasi itu berupa mendesak pemerintah Papua Nugini berkomunikasi dengan Indonesia membahas Hak Politik Penentuan Nasib Sendiri bagi Orang Asli Papua di Papua Barat.

Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Papua Nugini terkait deklarasi dari Pemuda Provinsi Dataran Tinggi Selatan tersebut.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here