Kapal Perang AS dan Kanada Seliweran di Selat Taiwan, Pasang Badan Hadapi China?

267
Pihak militer Amerika Serikat menyatakan, kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Dewey berlayar melalui jalur air sempit yang memisahkan Taiwan dari tetangga raksasanya, China bersama dengan fregat Kanada HMCS Winnipeg/Net

Kawasan Selat Taiwan kembali mengundang perhatian dunia. Sebuah kapal perang Amerika Serikat dan Kanada melakukan pelayaran melalui Selat Taiwan pada akhir pekan lalu.

Kabar itu dikemukakan oleh pihak militer Amerika Serikat pada Minggu (17/10).

Melalui sebuah penyataan, militer Amerika Serikat menyatakan, kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Dewey berlayar melalui jalur air sempit yang memisahkan Taiwan dari tetangga raksasanya, China bersama dengan fregat Kanada HMCS Winnipeg.

“Transit Dewey dan Winnipeg melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat dan sekutu serta mitra kami untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tambah keterangan tersebut, sebagaimana dikabarkan Channel News Asia.

China mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, dan telah melakukan misi angkatan udara berulang kali ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan selama setahun terakhir atau lebih, memicu kemarahan di Taipei.

Kabar itu diumumkan di tengah ketegangan yang meningkat antara Beijing dan Taipei yang memicu kekhawatiran internasional.

China mengirim sekitar 150 pesawat ke zona itu selama periode empat hari yang dimulai pada 1 Oktober lalu.

Di sisi lain, Amerika Serikat seakan “pasang badan” untuk Taiwan. Kapal-kapal Angkatan Laut Amerika telah transit di selat itu hampir setiap bulan, untuk membuat geram Beijing.

Meski begitu, China belum mengeluarkan respon atas tindakan terbaru Amerika Serikat dan Kanada di kawasan itu.

Sumber Berita / Artikel Asli : RMOL

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here