Kapal Berbendera China dan AS Masuki Kepulauan Natuna, TNI AL Tingkatkan Patroli

480
Kapal China di Laut Natuna

TNI Angkatan Laut (AL) tingkatkan patroli di sekitar Kepulauan Natuna di Laut China Selatan setelah kapal-kapal China dan Amerika Serikat (AS) terdeteksi di dekat perairan internasional, meskipun tidak terlihat ada gangguan dari kapal-kapal tersebut.

“Lima kapal TNI AL yang dibantu oleh patroli udara, telah dikerahkan di Laut Natuna Utara untuk mengamankan daerah tersebut,” ucap Komandan Armada Barat Angkatan Laut Indonesia Arsyad Abdullah, dikutip SeputarTangsel.com dari Reuters pada Jumat, 17 September 2021.

“Posisi TNI AL di Laut Natuna Utara sangat tegas dalam melindungi kepentingan nasional di wilayah yurisdiksi Indonesia sesuai dengan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi sehingga tidak ada toleransi terhadap setiap pelanggaran di Laut Natuna Utara,” sambungnya.

Pada tahun 2017, Indonesia mengganti nama bagian utara zona ekonomi eksklusifnya (ZEE) di Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara, sebagai bagian dari upaya melawan ambisi teritorial maritim China.

Arsyad mengatakan, kapal Angkatan Laut AS dan China telah terdeteksi di dekat Laut Natuna baru-baru ini meskipun tidak mengganggu. Ia juga menambahkan bahwa mereka masih berada di perairan internasional.

Kebuntuan selama berminggu-minggu di Natuna berawal pada Januari tahun lalu, ketika sebuah kapal penjaga pantai China dan kapal penangkap ikan memasuki Laut Natuna Utara.

Kejadian itu mendorong Indonesia untuk mengirim jet tempur dan memobilitas nelayannya sendiri.

Sebagai informasi, China tidak mengklaim kepulauan Natuna, tetapi mengatakan memiliki hak penangkapan ikan di dekatnya dalam Nine-Dash Line.

Nine-Dash Line mencakup sebagian besar Laut China Selatan yang kaya energi, yang disengketakan oleh beberapa negara Asia Tenggara dan tidak diakui secara internasional.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here