Juliari Batubara Dituntut 11 Tahun Penjara, Muannas Alaidid: Dunia Peradilan Mesti Dibenahi

392
mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara

Direktur Eksekutif Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH), Muannas Alaidid turut menyoroti tuntutan hukuman yang diberikan kepada Juliari Peter Batubara.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum KPK telah membacakan tuntutan terhadap mantan Menteri Sosial itu atas kasus suap bansos.

Dalam tuntutannya, JPU KPK menuntut mantan Menteri Sosial itu dengan 11 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta atau subsider 6 bulan kurungan.

Hal itu adalah karena Juliari Peter Batubara dinilai terbukti menerima suap Rp32,482 miliar dari 109 perusahaan penyedia bantuan sosial sembako Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

Selain itu, JPU KPK juga meminta agar Juliari Peter Batubara dijatuhi hukuman untuk membayar uang pengganti kepada negara.

Dia harus membayar sebesar Rp14.557.450.000 selambat-lambatnya satu bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika Juliari Peter Batubara tidak membayar uang pengganti tersebut dalam waktu satu bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, hartanya akan disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

JPU KPK juga meminta pencabutan hak politik Juliari Peter Batubara selama empat tahun sejak selesai menjalani masa pidana pokoknya.

Melihat masa hukuman dalam tuntutan JPU KPK, Muannas Alaidid pun menilai dunia peradilan Indonesia perlu dibenahi.

Sebab, pelaku tindak pidana korupsi di tengah pandemi Covid-19 ini seharusnya dijatuhi hukuman yang maksimal.

Apalagi, pasal yang dinyatakan terbukti oleh hakim, memungkinkan tersangka dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Hal itu disampaikan Muannas Alaidid dalam unggahan di akun media sosial pribadinya pada Kamis 29 Juli 2021.

Mesti dibenahi dunia peradilan kita, korupsi di tengah bencana (pandemi) beralasan mestinya dihukum maksimal. Apalagi pasal yang dinyatakan terbukti oleh hakim memungkinkan dijatuhi seumur hidup,” tuturnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @muannas_alaidid, Jumat 30 Juli 2021.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here