Jokowi Sebut yang Kondisinya Sulit Bukan Cuma Pedagang Kecil

381
Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tahu dengan segala keluhan para pedagang dan pelaku usaha kecil yang mengalami banyak kesulitan dampak dari penerapan PPKM Darurat dan PPKM Level 4.

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 sebagai upaya menekan kasus Covid-19 di Indonesia yang melonjak secara eksponensial sejak Juni 2021.

Namun, semua itu berimbas besar pada para pelaku usaha, terutama pedagang kecil.

Di sejumlah daerah, banyak pedagang memasang bendera putih sebagai simbol sudah tak sanggup lagi mencoba keluar dari keadaan sulit.

Jokowi berbicara kepada pedagang dan pelaku usaha kecil di Istana Merdeka dalam acara Pemberian Banpers Pemberian Usaha Mikro Tahun 2021, Jumat, 30 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa saat ini kesulitan tidak hanya dirasakan pelaku usaha kecil atau menengah, tapi juga pengusaha besar.

“Saya tahu bapak-ibu semuanya saat ini pada kondisi yang tidak mudah, benar? Sangat sulit, benar? Tapi itu dirasakan oleh semuanya, tidak hanya bapak-ibu sekalian,” kata Jokowi dikutip Pikiran-rakyat.com dari siaran acara di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

“Tidak hanya usaha kecil, menengah, sedang, juga usaha besar. Semuanya pada kondisi yang sangat tidak mudah, sangat sulit,” kata Jokowi lagi.

Jokowi juga mengatakan, kondisi sulit tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia.

Menurutnya, pemulihan ekonomi sangat bergantung pada tren kasus Covid-19 yang sedang terjadi.

“Kalau Covid turun, ekonomi pasti naik, naik, naik, sudah” ucap JokowiJokowi mencontohkan bahwa pada periode Maret-Mei 2021, ekonomi Indonesia sudah mulai membaik karena kasus Covid-19 menurun. “Sudah kelihatan itu sebetulnya,” kata Jokowi.

“Tapi, tanpa terprediksi, muncul yang namanya varian Delta. Jenis baru. Sehingga ekonomi global pun guncang, kita juga sama,” sebut Jokowi.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here