Jokowi: Orang Banyak Anggap Kami Ini Hanya Bangun Infrastruktur Besar, Padahal…

278
Jokowi

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyatakan tak sepakat dengan anggapan kebanyakan orang bahwa pemerintahannya hanya berfokus membangun infrastruktur-infrastruktur besar.

Presiden menyebut triliunan dana yang digelontorkan untuk desa sebagai buktinya bahwa pemerintahannya tidak hanya bangun infrastruktur besar.

Jokowi mengatakan, sudah Rp 400,1 triliun dana desa dikucurkan pemerintah.

“Orang banyak menganggap kami hanya membanguun yang besar-besar: jalan tol, airport, pelabuhan, tidak,” kata Jokowi dalam pidato di acara HUT ke-49 PDI-P yang disiarkan secara daring, Senin (10/1/2022).

“Kami juga membangun desa, membangun embung, membangun air bersih di desa, membangun posyandu di desa, membangun sumur-sumur yang diperlukan di desa, membangun drainase di desa,” imbuhnya.

Jokowi mengungkapkan, dana desa yang dianggarkan oleh pemerintah terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai perbandingan, pada 2015, dana desa yang dianggarkan pemerintah sebesar Rp 21 triliun. Pada 2021, jumlah itu naik tiga kali lipat lebih menjadi Rp 71 triliun.

“Ini sebuah angka yang sangat besar sekali. Perhatian besar pemerintah terhadap desa ini kami harapkan akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa dan mempersempit ketimpangan antara desa dan kota,” ujar Jokowi.

Ia menambahkan, infrastruktur-infrastruktur desa yang dibangun dengan dana desa, semisal embung, saluram irigasi, jembatan, pasar, sampai tambatan perahu merupakan kebutuhan di desa.

“Ini infrastruktur yang dibutuhkan oleh desa-desa kita, selain kita membangun infrastruktur besar,” kata Presiden.

Sumber Berita / Artikel Asli : Kompas

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here