Jokowi Ditanya Megawati: Siapa yang Harus Beri Komando dalam Keadaan Darurat?

568
Ketua Umum PDIP Megawati bersama Jokowi.

Ketua Umum PDI PerjuanganMegawati Soekarnoputri, bercerita dirinya pernah bertanya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal siapa yang harus tampil memimpin ketika terjadi keadaan tanggap darurat.

Hal itu disampaikan Megawati dalam diskusi virtual bertajuk Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang disiarkan kanal Youtube PDI Perjuangan pada 4 Agustus 2021.

Menurut Megawati, dalam keadaan darurat, komando dari Presiden langsung sangat dibutuhkan.

“Saya pernah tanya sama Pak Jokowi, siapakah kalau dalam keadaan tanggap darurat, bukan tanggap normal, yang (harus) memberikan komando?” sebut Megawati.

“Saya bilang ke Pak Presiden, bapaklah yang namanya Kepala Negara, Presiden Republik Indonesia, yang harus langsung (mengomandoi).”

“Karena ini persoalannya extraordinary. Jangan lagi mikir, ‘Oh ini adalah (tanggung jawab) saya.’ Tapi, tidak segera dikejakan,” ucap Megawati menambahkan.

Megawati menilai, kelemahan yang terjadi selama ini adalah tidak jelas siapa yang mengambil komando saat negara dalam kondisi darurat.

“Seperti di Palu. Saya langsung mengikuti. Saya menanyakan, ‘Siapa yang menjadi komando di sana?’ Gak ada yang bisa jawab,” ucapnya.

“Tata pemerintahan ada, tapi orang yang komando lapangan, saya gak tahu.”

Megawati kemudian mendorong agar semua mesti bekerja sama, gotong royong ketika terjadi keadaan darurat.

“Saya sudah minta izin kepada Pak Presiden, ini semua harus bergerak bersama. Kita harus bergotong royong, tidak bisa memilah milah, ‘Oh ini bukan kerjaan saya, tidak bisa saya lakukan.’ Sekali lagi tidak bisa begitu. Karena yang ditolong jiwa manusia,” katanya.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here