Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Megawati: Saya Sudah Ngomong Sampai Capek

354
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri

JAKARTA – Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden terkait Ibu Kota DKI Jakarta yang diprediksi akan tenggelam 10 tahun lagi. Sebelum Joe Bidden, Mega mengaku sudah lebih dahulu mengingatkan hal yang serupa.

Megawati menegaskan, Jakarta tengah dihadapi persoalan lingkungan. Dimana, tanahnya terus mengalami penurunan. Akibatnya, air laut bisa masuk ke daratan. Sehingga membuat daratan Jakarta bisa tenggelam dengan air laut. “Mulut saya ini udah ngomong dari tahun piro itu. Jakarta ini makin hari makin turun. Saya udah ngomong sampe capek, dari zaman Pak Sutiyoso kalau enggak salah,” kata Megawati dalam acara pelatihan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami DPP PDIP yang digelar secara virtual, Rabu (4/8/2021). Baca juga: Joe Biden Sebut 10 Tahun Lagi Jakarta Tenggelam, Kent: Antisipasi dari Sekarang Sebelum Terlambat

Bahkan, Megawati sendiri mengaku langsung melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pernyataan Presiden Amerika tersebut. Dia menyebut, pernyataan Joe Biden menarik perhatian dari masyarakat Indonesia. “Bagus dia (Joe Biden) bisa ngomong kayak gitu, karena biasanya orang kita baru dengerin kalau orang asing ngomong. Kalau pemimpinnya sendiri ngomong di bully-bully, di bilang begini lah begitulah, betul apa piye,” ujarnya. Baca juga: Biden Peringatkan Jakarta Terancam Tenggelam dalam 10 Tahun Mendatang

Presiden Amerika Serikat (AS) telah menjadikan perubahan iklim sebagai salah satu agenda utamanya dan melihat isu tersebut sebagai salah satu ancaman serius tidak hanya bagi Amerika Serikat, tetapi juga dunia. Menekankan seriusnya ancaman tersebut, Biden bahkan membahas sebuah prediksi yang menyebutkan bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan akibat perubahan iklim.

“Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik 2,5 kaki (76 sentimeter), Anda akan melihat jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur. Anda melihat apa yang terjadi di Afrika Utara,” kata Biden saat berpidato di Pusat Kontraterorisme Nasional AS di McLean, Virginia, Selasa (27/72021).

Sumber Berita / Artikel Asli : SINDONews

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here