Jenderal Andika Perkasa Buka Suara soal Bentrok Oknum Anggota TNI dengan Personel Polri

337

Panglima TNI Jenderal Andika buka suara terkait insiden bentrokan antara oknum prajurit TNI dengan anggota Polri di Tembagapura, Mimika, Papua.

Jenderal Andika mengatakan bahwa anak buahnya yang terlibat dalam perkelahian tersebut akan diminati pertanggungjawaban oleh pihak Polisi Militer (PM) TNI.

“Pusat Polisi Militer TNI bersama-sama dengan Pusat Militer TNI Angkatan Darat sedang melakukan proses terhadap semua oknum anggota TNI yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di Timika,” katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News pada Senin, 29 November 2021.

Sebelumnya, insiden kericuhan diduga melibatkan anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala Kopassus dan anggota Polri dari Satgas Amole di Kabupaten Mimika.

Di samping itu, kata Jenderal Andika, pengusutan kasus dugaan pelanggaran pidana juga akan dilakukan oleh personel Polri terhadap personelnya yang terlibat kisruh tersebut.

Mantan Kepala Staf Angkatan Dasat (KSAD) itu juga menyebut bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan proses hukum terhadap oknum Korps Bhayangkara tersebut.

TNI juga sudah melakukan koordinasi dengan Polri untuk melakukan proses hukum terhadap oknum anggota Polri yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di Timika,” tuturnya.

Secara terpisah, Kapolda Papua Irjen Pol Marthinus D Fakhiri memastikan insiden perkelahian antara anggota Polri dan TNI di Tembagapura, Timika, telah diselesaikan secara damai.

Marthinus mengungkapkan, insiden tersebut hanya kesalahpahaman saja, bukan bentrok atau keributan besar.

“Tidak ada bentrok, salah paham saja itu. Sudah diselesaikan, sudah berdamai,” ucap Marthinus menegaskan kepada wartawan.

Sebagai informasi, video diduga keributan antar anggota TNI tergabung dalam Satgas Nanggala Kopassus dan anggota Polri dari Satgas Amole di Kabupaten Mimika beredar di media sosial.

Menurut Mathinus, Satgas Nanggala dan Satgas Amole, sama-sama berada di bawah Operasi Satgas Nemangkawi.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

23 − 17 =