Jadi Sorotan Publik, Habib Kribo Serang Penendang Sesajen: Anda Mencederai Keyakinan Orang!

257

Habib Kribo alias Zein Assegaf akhir-akhir ini menjadi sorotan publik di tanah air.

Hal itu usai mengeluarkan sejumlah pernyataan kontroversial di media sosial dan media nasional.

Habib Kribo kerap menyerang Habib Bahar bin Smith hingga Habib Rizieq Shihab terkait pernyataan-pernyataannya yang dinilainya kurang memberikan kesejukan kepada ummat.

Terbaru, ia pun menyoroti soal aksi seorang pria yang menendang sesajen di kawasan erupsi Gunung Semeru.

Menurutnya, tidak ada larangan dalam islam tentang sesajen.

Ia pun mengatakan, sesajen punya makna filosofi dan nilai tersendiri.

“Dalam Al-Qur-an itu yang membuat Allah murka itu apabila menyakiti orang lain, dzalim, membunuh. Lah ini ada sesajen, ada keyakinan, menaruhkan barang sesajen di situ, pastilah dia punya filosofi, dia punya nilai tersendiri,” ucapnya pada tayangan video YouTube pada kanalnya dikutip Rabu, 12 Januari 2022.

Ia pun meminta agar setiap orang tidak melakukan intervensi terhadap keyakinan orang lain.

“Masa gara-gara sesajen Tuhan marah, kan enggak mungkin dong,” ujarnya.

Menurutnya, sesajen yang tidak membahayakan orang tidak bakal membuat Tuhan marah. Namun justeru aksi menendang sesajen itu bisa membuat Tuhan marah.

“Karena dia sudah mencedarai orang yang menaruh di situ, Anda mencedarai keyakinan orang, benar atau salah nanti dulu. Kita hidup harus saling menghargai dulu,” katanya.

Dia mengatakan, kebaikan di dunia itu bagimana kita bisa menghargai orang lain. Seperti kita menghargai diri kita sendiri.

“Biarin punya falsafah sendiri, jadi enggak ada yang musyrik,” jelasnya.

Menurutnya kembang (dalam sesajen) dengan Ka’bah itu sama. Tetapi yang tidak boleh itu ketika tembok ka’bah dipikirkan sebagai menyembah setan.

“Itu engga boleh,” ujar Zein Assegaf.

Menurutnya semua agama punya nilai-nilai yang gaib. Sehingga masing-masing pemeluk agama tidak harus mengusik keyakinan orang lain.

Sebelumnya, viral seoarng pria terekam dalam sebuah video, dirinya membuang sesajen yang berada di lokasi erupsi semeru.

Kepolisian saat ini sedang memburu pria tersebut. Diduga makanan atau sesajen yang dibuang oleh pria tersebut berasal dari tradisi ruwatan warga Sumbersari, Lumajang.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here