Jadi Menkes, dr Terawan Diperintah Jokowi Selesaikan 2 Masalah Ini

773

Jadi Menkesdr Terawan Diperintah Jokowi Selesaikan 2 Masalah Ini

Letjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad resmi menjabat sebagai Menteri Kesehatan, setelah melakukan serah terima jabatan dari pendahulunya, Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM(K).

Dalam sambutannya, Terawan mengaku diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan dua masalah besar di sektor kesehatan saat ini. Apa itu?

“Izinkan saya menyampaikan arahan dari Bapak Presiden, terkait tugas sebagai Menteri Kesehatan. Ada dua isu utama, yakni masalah stunting dan masalah JKN,” ujar Terawan, dalam acara pisah sambut Menteri Kesehatan di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).

Dikatakan Terawan, pencapaian luar biasa sudah dilakukan Nila Moeloek sebagai Menkes, dengan berhasil menurunkan angka stunting dari 37,2 persen pada 2013, menjadi 30,8 persen di tahun 2018.

Untuk itu, Terawan mengaku akan melanjutkan program yang dilakukan oleh Nila Moeloek untuk mencapai target stunting, sesuai anjuran WHO.

Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto, SpRad(K) terlihat mendatangi istana kepresidenan hari ini, Selasa (22/10/2019). (Suara.com/Ummy Hadyah Saleh)
Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto, SpRad(K) terlihat mendatangi istana kepresidenan, Selasa (22/10/2019). (Suara.com/Ummy Hadyah Saleh)

Terkait JKN, Terawan menyebut tingginya biaya yang dibutuhkan merupakan penanda tingginya pula kebutuhan akan jaminan kesehatan sosial oleh masyarakat.

Untuk itu, ia akan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait agar solusi terbaik bagi masalah defisit BPJS Kesehatan bisa segera teratasi.

“Kita sama-sama mencari solusi untuk menghadapi masalah tekornya BPJS ini dalam memfasilitasi masyarakat yang sakit,” tutupnya. suara

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

53 + = 60