Internet di Jayapura Hampir Lima Hari Tumbang

156
Ilustrasi (Adi Fida Rahman/detikinet)

Jakarta – Akses internet di Kota Jayapura, Papua, sudah hampir lima hari tumbang. Imbasnya, masyarakat setempat tidak bisa melakukan aktivitas belajar dan bekerja online.

Seorang warga Jayapura bernama Hari Suroto menuturkan akses internet mulai ngadat sejak Jumat (30/4) pukul 22.00 WIT. Bukan hanya koneksi data Telkomsel, akses internet IndiHome mengalami hal serupa.

“Terakhir saya pakai internet tanggal 30 April pukul 21.00 malam,” ujar Hari saat dihubungi detikINET lewat sambungan telepon, Selasa (4/5/2021).

Saat ini masyarakat Jayapura hanya bisa mengandalkan telepon dan SMS di jaringan 2G untuk berkomunikasi. Namun yang bikin resah saat ini banyak aktivitas yang terkendala karena mengandalkan koneksi internet.

“Anak-anak tidak bisa belajar online, padahal tatap muka langsung di sekolah masih belum bisa karena berisiko COVID-19. Order makanan online juga terganggu, padahal kami di sini sudah terbiasa memesan online, apalagi Ramadhan,” keluh Hari.

Bukan hanya itu, sejumlah SPBU pun tidak beroperasi lantaran kegiatan operasional mereka menggunakan koneksi internet.

“Tadi saya ke dua SPBU di Sentani dan Waena tutup. Ada keterangan SPBU tutup karena jaringan internet putus,” ungkap Hari.

Pria yang bekerja di Balai Arkeologi Papua ini menambahkan saat ini ATM dan bandara masih tetap beroperasi normal. Sejauh ini hanya pihak IndiHome yang mengirimkan informasi terjadi gangguan, itu pun pada Senin (3/5) malam.

Dihubungi terpisah, sumber detikINET yang tidak ingin diungkap identitasnya mengaku juga tidak bisa mengakses internet sejak beberapa hari lalu. Menurut orang di sekelilingnya, hal itu tidak mengagetkan karena masalah ini sering terjadi di tanggal-tanggal sakral.

“Tanggal 1 Mei kan diperingati sebagai hari integrasi Papua ke dalam NKRI. Selain itu, saat ini sedang Operasi Satgas Nemangkawi, jadi banyak yang menduga sengaja diputus akses internet sehingga informasi tidak keluar,” ujarnya.

Saat ini detikINET tengah mencoba menghubungi pihak Telkom Group untuk menanyakan masalah akses internet yang tumbang di Papua saat ini.

Sumber Berita / Artikel Asli : Detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...