Heboh Arteria Dahlan, Ucapan Kemenag Bangsat Sampai Bentak Emil Salim

490

Politikus PDIP Arteria Dahlan memantik respons warganet karena emosional dengan membentak-bentak ekonom senior Emil Salim. Warganet pun mengecam kelakuan Arteria yang dinilai tak santun sebagai Anggota DPR.

Menilik rekam jejaknya, Arteria merupakan anggota DPR 2019-2024 dari daerah pemilihan atau dapil Jawa Timur VI yang mencakup Tulungagung, Kediri, Blitar, Kota Kediri. Sebelumnya, di periode 2014-2019, Teri panggilan akrab Arteria adalah anggota DPR Pergantian Antar Waktu atau PAW menggantikan Djarot Syaiful Hidayat yang menjadi Wakil Gubernur DKI pada Desember 2014.

Teri dikenal sebagai politikus yang aktif berargumen baik saat rapat kerja atau raker di DPR atau di luar parlemen ketika menjadi narasumber di stasiun televisi. Beberapa kali namanya menjadi sorotan publik karena ucapannya yang kontroversial.

Salah satunya, saat Teri menyampaikan protes terhadap pimpinan KPK periode 2015-2019 yang diketuai Agus Rahardjo. Momen itu terjadi saat rapat dengar pendapat atau RDP Komisi III DPR dengan pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin, 11 September 2017.

Teri yang saat itu ditugaskan Fraksi PDIP di Komisi III protes terhadap lima pimpinan KPK. Pemicunya karena pimpinan KPK jilid IV itu tak menyapa anggota dan pimpinan Komisi III DPR dengan panggilan ‘Yang Terhormat’.

Dia heran sejak dimulainya RDP, pimpinan KPK juga tak menyapa anggota dan pimpinan Komisi III DPR dengan sebutan itu

“Ini mohon maaf ya, saya kok enggak merasa ada suasana kebangsaan di sini. Sejak tadi saya tidak mendengar kelima pimpinan KPK memanggil anggota DPR dengan sebutan ‘Yang Terhormat’,” kata Teri saat sesi pendalaman.

Namun, beberapa bulan kemudian, lagi-lagi Teri menjadi pusat perhatian. Kali ini, ucapan Kementerian Agama Bangsat karena protesnya terhadap pengawasan dalam persoalan travel umrah bodong karena mencuatnya kasus penipuan oleh First Travel.

Ucapan Teri disampaikan saat Komisi III DPR menggelar RDP dengan Kejaksaan Agung pada Rabu, 28 Maret 2018. Teri memberikan masukan dengan gaya bicaranya yang menyarankan sebaiknya kejaksaan menginventarisasi dan menindak travel umrah bodong. Ia pun geram terhadap Kementerian Agama.

“Yang dicari jangan kayak tadi Bapak lakukan inventarisasi, pencegahannya, Pak. Ini Kementerian Agama bangsat, Pak, semuanya, Pak!” kata Arteria dengan menuding.

Ucapan Teri ini diprotes jajaran Kementerian Agama. Bahkan, sebagian publik pun ikut mengecamnya.

Nah, yang terbaru dalam acara Mata Najwa episode “Ragu-ragu Perppu”, Rabu malam, 9 Oktober 2019. Dalam acara itu, Teri tampak bicara dengan nada tinggi menunjuk-nunjuk Emil Salim.

Teri bahkan tampak berulang kali memotong pembicaraan Emil yang mendapat giliran berbicara.

“Jangan…Prof nanya saya bebas korupsi atau tidak, saya yakin. Jangan digeneralisir, Anda bisa jadi menteri karena proses politik di DPR, Pak jangan salah,” ujar Arteria dengan suara meninggi. Dia yang awalnya duduk memajukan badannya sambil menunjuk Emil.

Ketika Emil ingin melanjutkan bicaranya. Arteria kembali mendebatkan pernyataan Emil. Hingga akhirnya moderator Najwa Shihab menegur Arteria.

“Sebentar-sebentar kita dengarkan. Anggota DPR juga memberi contoh ke rakyat dengan cara mendengarkan secara baik,” ujar Najwa. (lis) viva

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here