Harun Masiku Tak Terdaftar Buron Interpol, MAKI: KPK Tidak Bisa Buktikan Harun Masiku ke Luar Negeri

506
Red Notice Harun Masiku

Interpol diduga menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pemerintah Indonesia tidak serius dalam menangkap Harun Masiku. Pasalnya, satu di antara syarat yang diatur dalam penerbitan red notice adalah adanya bukti buronan ke luar negeri.

Demikian Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menjawab pertanyaan KOMPAS TV soal tidak adanya Harun Masiku di situs daftar buron pencarian Interpol, Senin (9/8/2021).

“Ini menunjukkan KPK memang tidak serius dalam mencari Harun Masiku dan dalam mengurus Red Notice itu salah satunya ada bukti dia ke luar negeri,” tegas Boyamin Saiman.

“Sementara KPK tidak bisa membuktikan atau tidak mau membuktikan bahwa Harun Masiku telah pergi ke luar negeri,” ungkap Boyamin Saiman.

Kedua, sambung Boyamin, pusat interpol di Perancis juga diduga mengetahui jika KPK tidak benar-benar ingin melakukan penangkapan terhadap Harun Masiku.

 

“Mungkin pusat interpol Perancis melihat Indonesia (KPK, red) tidak serius mencari Harun Masiku, buktinya tidak serius apa, ya waktu itu jelas bisa ditangkap di sekitar PTIK itu, langsung hari itu juga bisa ditangkap, tapi kemudian tidak ditangkap,” beber Boyamin.

“Artinya bisa jadi pusat Interpol menilai Indonesia itu main-main, wong bisa ditangkap kok malah enggak ditangkap.”

Boyamin lebih lanjut justru mencurigai permintaan KPK ke Interpol untuk menerbitkan red notice bagi Harun Masiku hanya pura-pura.

“Sehingga ya pusat Interpol kemudian belum atau tidak menayangkan Harun Masiku dalam webnya Interpol dan ini jelas kok perbandingannya dengan buron-buron yang lain, buktinya malah ditampilkan di webnya Interpol,” tutur Boyamin Saiman.

“Menurut saya sih kejahatan yang dituduhkan ya tidak lebih berat dari Harun masiku. Bahkan ada yang di level di bawahnya.”

 

Atas dasar itu, Boyamin menilai tidak munculnya Harun Masiku di situs Interpol seharusnya menjadi tamparan keras bagi KPK

“Jadi ini sebenarnya tamparan keras dari interpol terhadap tidak seriusnya KPK dan pemerintah Indonesia untuk menangkap Harun Masiku dan bisa jadi bahkan mereka bisa menebak sebenarnya KPK itu berharap tidak ditangkap,” ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Kompas tv

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here