Hakim yang Vonis HRS Ternyata Pemberi Diskon Hukuman Pinangki, Refly Harun: Lihat Ulama Ini Musuh, Allahuakbar

399

Majelis Hakim yang memperkuat vonis Habib Rizieq Shihab (HRS) di tingkat banding atas kasus RS UMMI Bogor diketahui adalah majelis hakim yang sama dalam pengadilan kasus Jaksa Pinangki, terdakwa perkara suap dan korupsi.

Anggota Majelis Hakim tersebut terdiri dari tiga orang, yakni Haryono, Muhamad Yusuf, dan Indah Sulistyowati.

Kabarnya, mereka adalah hakim yang memberi diskon hukuman kepada Pinangki dan juga Djoko Candra.

Menanggapi hal tersebut, Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun angkat suara. Menurutnya, sense of justice masing-masing hakim itu berbeda-beda.

Barangkali, lanjut dia, ketika para hakim mengadili Pinangki dan Djoko Candra, mereka melihat keduanya sebagai teman.

Namun, ketika dihadapkan dengan HRS, bisa saja mereka menilai jika ulama adalah musuh.

 

“Artinya, ketika dia (hakim) lihat koruptor, wah ini teman. Lihat ulama ini musuh, Allahuakbar kalo begitu ya,” ujar Refly Harun dikutip Isu Bogor dari kanal YouTube-nya, Selasa, 31 Agustus 2021.

Sebelumnya, Refly Harun mengatakan jika subjektifitas hakim sah-sah saja, akan tetapi tidak boleh melukai sendi-sendi keadilan yang sangat nyata.

Jika membandingkan kasus dan hukuman antara HRS dengan Pinangki serta Djoko Candra, Refly Harun mempertanyakan letak keadilannya di mana.

 

“Bayangkan kejahatan seperti Djoko Candra dan Pinangki dihukum lebih ringan daripada Habib Rizieq, jadi keadilannya di mana terhadap 3 orang hakim tersebut,” ujar Ahli Hukum Tata Negara tersebut.

“Jadi aneh juga menurut saya ketika mereka memutuskan hal yang tidak masuk akal sebenarnya, kecuali atas nama pesanan,” lanjutnya.

Sekali lagi, Refly Harun menegaskan jika sense of justice ketiga hakim yang memperkuat vonis HRS di tingkat banding memang berbeda dan luar biasa.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here