Habib Bahar Smith Resmi Jadi Tersangka Lagi, Refly Harun: Begitu Mudahnya di Negara Ini Orang Dipenjarakan

303

Habib Bahar bin Smith resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh tim penyidik Polda Jawa Barat pada Senin, 3 Januari 2022.

Ia tersangka kasus penyebaran informasi bohong berdasarkan ceramahnya di Kabupaten Bandung.

Menanggpi hal itu, Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun angkat bicara.

“Saya tidak bisa ngomong apa-apa lagi, karena begitu mudahnya di negara ini oang dipenjarakan, ditahan dengan ancaman hukuman yang luar biasa, 6 tahun sampai 10 tahun hanya menyatakan sikap,” katanya seperti dikutip Isu Bogor dari YouTube Refly Harun, Selasa 4 Januari 2022.

“Ya Walaupun dengan cara keras misalnya. Toh banyak video-video yang sama yang diunggah oleh katakanlah mereka yang pro pemerintahan itu yang berisi ujaran kebencian, penghinaan. Kemudian juga berita bohong. Itu gak tanggung-tanggung,” sambungnya.

Menurut Refly Harun, ada persoalan penegakan hukum di negara ini. Ia mengakui itu memang tidak mudah.

“Karena kalau ranah perbedaan pendapat begitu mudahnya dikriminalkan, kita akan bingung mau jadi apa negara ini. Atau misalnya politiknya satu diinjak, satu diangkat,” ujar dia.

Ia berharap penegakan hukum di Indonesia lebih baik kedepannya.

“Tapi itu fakta tidak bisa dihindarkan bahwa hari ini Bahar bin Smith bersatus sebagai tersangka lagi yaitu ujaran kebencian kemudian menyebarkan berita bohong dan potensial untuk diancam dengan ancaman hukuman 10 tahun (berita bohongnya) dan ujaran kebenciannya 6 tahun,” imbuh dia.

 

“Entah gimana lagi proses selanjutnya yang jelas kita tidak seperti bernegara yang sedang melindungi seluruh rakyat dan tumpah darah Indonesia,” tandas Refly Harun***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here