Gaet Sandi-Gatot-Anies, LIPI: Ada Yang Salah Dari Rekrutmen Dan Kaderisasi PAN

445

Mantan calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno digadang-gadang masuk dalam bursa calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN).

 

Selain Sandi, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga disebut-sebut berpeluang memimpin partai berlambang matahari itu.

Pengamat politik LIPI Aisah Putri Budiarti mengatakan, ada tiga kriteria ketua umum partai politik yang ideal.

Yakni, kader terbaik yang paham ideologi partai, memiliki relasi kuat dengan internal bauk pusat dan daerah, serta memiliki pengalaman kerja untuk partai.

“Pengalaman kerja ini penting untuk mengukur loyalitas, kapasitas dan strategi kerja kader tersebut untuk membangun partai,” kata Putri kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (29/8).

Tiga kriteria tersebut bisa terpenuhi oleh kandidat yang diperoleh melalui proses rekrutmen dan kaderisasi partai yang tidak instan. Namun saat ini hanya sedikit partai yang melakukan proses rekrutmen dan kaderisasi secara serius.

“Salah satu akibatnya, partai kemudian memilih jalan pintas untuk mengambil tokoh populer yang sudah memiliki modal sosial politik yang kuat menjadi pimpinan partai,” sebut Putri.

Menurutnya, menggaet Sandi sebagai bakal calon ketum PAN sah-sah saja, selama tidak menabrak aturan internal partai.

“Namun, kalau pada akhirnya nanti SU terpilih menjadi ketua umum, maka hal ini menandakan bahwa ada yang salah dari rekrutmen dan kaderisasi internal partai terutama untuk regenerasi pimpinan PAN,” demikian Putri. rmol

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 12 =