FAKTA atau HOAK: Dikabarkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Pindah Agama dan Telah Dibaptis

778
Postingan Chanel YouTube Official News Update

Belakangan ini publik dibuat heboh oleh sebuah video yang beredar di kanal YouTube, terkait Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pindah agama dan telah dibaptis. Ternyata fakta asli video tersebut adalah Hoak.

Video tersebut dinarasikan pertama kali oleh kanal YouTube Official News Update pada Jumat 13 Agustus 2021.

Setelah trending di YouTube, video dengan narasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tersebut juga beredar di aplikasi WhatsApp.

Dikutip dari judul kanal YouTube Official News Update, ia menuliskan Menag Yaqut pindah agama dan dibaptis.

“UPDATE BERITA TERKINI ~ TERBONGKAR..!! TERNYATA MENAG YAQUT PINDAH AGAMA DAN DIBAPTIS? ~ NEWS UPDATE,” demikian tulisan pada judul video tersebut.

Selain pada judul, Official News Update juga menuliskan narasi “TERBONGKAR..!! TERNYATA MENAG YAQUT PINDAH AGAMA DAN DIBAPTIS?” pada thumbnail postingan.

Kemudian video dengan judul lain juga terdapat dalam kanal thumbnail seperti, “ISLAM DIGUNAKAN SEBAGAI KEDDOK DEMI MENGH4NCVRKAN UMAT MUSLIM.?”

Rupanya, setelah ditelusuri lebih lanjut terkait trendingnya video Menag pindah Agama dan dipabtis tersebut adalah hasil editan.

Dan editan video tersebut berasal dari potongan kegiatan Menteri Yaqut Cholil Qoumas.

Seperti ketika Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambangi Gereja Blenduk Semarang pada 24 Desember 2020, menjelang perayaan Natal.

Kemudian video yang ada Buya Yahya yang menyampaikan rendahnya orang murtad.

Dari kedua video tersebut diedit dan disatukan sehingga berubah menjadi konten menarik dengan narasi “Menag Yaqut pindah agama”.

Perlu diperhatikan lagi, isi dari kedua video tersebut tidak sama, karena diedit dengan latar dan momen yang berbeda.

Bisa disimpulkan isi konten tersebut adalah HOAX atau konten yang menyesatkan penonton.

Sebelumnya artikel ini telah tayang di Berita Subang dengan judul “Viral Video Menag Yaqut Qoumas Pindah Agama dan Dibaptis, Seperti apa Faktanya”. (Tommy MI Pardede).

Sumber Berita / Artikel Alsi : Pikiran Rakyat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here