Fadli Zon Angkat Suara Tentang Imam Bonjol, Netizen: Politisi Pasti Ngerti, Kecuali Ingin Kaburkan Sejarah

294
Fadli Zon

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi Gerindra, Fadli Zon ikut angkat suara tentang Imam Bonjol.

Fadli Zon menegaskan, Imam Bonjol adalah Pahlawan Nasional. Jasanya dalam melawan kolonialisme Belanda diakui, bahkan sejak pemerintahan Presiden Soekarno.

Hal tersebut disampaikan oleh Fadlli Zon untuk mengklarifikasi sebuah pernyataan yang sempat viral, Imam Bonjol bukan Pahlawan Nasional.

“Politisi memang perlu ngerti sejarah,” ujar Fadli Zon sebagaimana dikutip SeputarTangsel.Com dari akun Twitter @fadlizon, Senin 17 Januari 2022.

Pada cuitannya tersebut, Fadli Zon menampilkan foto lama hitam putih. Dia menjelaskan tokoh yang terlihat dalam gambar.

Presiden Soekarno sedang berpidato dalam sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), lembaga setingkat DPR di masa awal kemerdekaan RI. Pada kegiatan yang terjadi di tahun 1947 tersebut sudah ada foto Imam Bonjol tergantung di dinding sebagai latar belakang.

“Biasanya juga dipajang foto Pangeran Diponegoro. Dua-duanya berjubah putih,” jelas Fadli Zon.

“Masih ada yang mau degradasi peran ulama dalam perjuangan bangsa?” tanya Fadli Zon.

Netizen membenarkan, Imam Bonjol adalah Pahlawan Nasional. Setiap politis seharusnya memahami sejarah. Jika tidak, dia sengaja ingin mengaburkannya.

“Seorang poltisi pasti mengerti sejarah, kecuali ia ingin mengaburkan sejarah,” ungkap @ricky8017.

“Mereka yang tidak mengakui Tuanku Imam Bonjol sebagai Pahlawan Nasional, mungkin mbah-mbah mereka saat itu berpihak pada penjajah Belanda. Sebetulnya mudah dibaca siapa mereka,” kata @a_amaluddin.

Pernyataan Fadli Zon sebenarnya dibuat untuk menjawab cuitan dari mantan Jubir Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi.

Dedek dalam akun Twitternya @uki23, Minggu 16 Januari menyebutkan, Imam Bonjol bukan Pahlawan nasional. Belau pahlawan daerah. Bahkan, dia juga mengatakan, cerita tentang Imam Bonjol tidak semanis dalam buku.

Cuitan Dedek Prayudi mendapat banyak sanggahan dari netizen. Berdasarkan penelusuran SeputarTangsel.Com, akhirnya dia menghapus cuitan dan mengklarifikasi.

“I stand correct. Imam Bonjol adalah Pahlawan Nasional. Terima kasih koreksinya kawan-kawan,” ujar Dedek Prayudi. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here