Berkunjung ke AS, Indonesia Terima Komitmen Bantuan Sebesar Rp1,1 Triliun

478
https://youtu.be/L6KcEiG5jNs

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, Indonesia mendapatkan komitmen bantuan dari Amerika Serikat senilai 1,1 Triliun Rupiah.

Hal itu disampaikan Retno saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat pada Kamis (5/8) secara virtual melalui kanal Youtube Kementerian Luar Negeri RI, MoFA Indonesia.

“Selama kunjungan dan pertemuan-pertemuan saya kita juga memperoleh dukungan baru yaitu berupa penyediaan tambahan dana USD 30 juta, yang pengumumannya langsung dilakukan setelah pertemuan saya dengan NSA Jack Sullivan, kemudian ada juga dukungan obat-obatan terapeutik oleh salah satu perusahaan AS senilai kurang lebih USD 51,6 juta. Jika digabungkan maka jumlahnya adalah USD 81,6 juta atau sekitar Rp 1,1 Triliun,” kata Menlu dalam kanal Youtube Mofa Indonesia.

 

Menurut Menlu, Indonesia dan Amerika saat ini tengah memasuki era baru dalam hubungan bilateral.

Ia menambahkan, lawatannya ke Amerika Serikat tersebut merupakan kunjungan resmi pertamanya saat pemerintahan Presiden Joe Biden.

Retno juga merupakan Menteri Luar Negeri Asean pertama yang secara resmi diterima oleh Menteri Luar Negeri Amerika, Antony Blinken.

“Indonesia dan Amerika memasuki era baru dalam hubungan billateral, dari sisi hubungan antar pemerintah atau G to G satu lembaran baru kita buka. Untuk pertama kalinya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan Menteri Luar Negeri Indonesia melakukan dialog strategis atau strategic dialogue,” kata Retno dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube MoFa Indonesia, Kamis (5/8/2021)

Sumber Berita / Artikel Asli : KOMPAS TV

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here