Beberapa Rider WSBK Keluhkan Kotornya Lintasan Sirkuit Mandalika

605

menuntaskan rangkaian lomba hari pertama Seri Indonesia pada Jumat (19/11/2021).

Kebanyakan dari mereka terkesan dengan layout Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pertama kali digunakan menggelar WSBK.

Namun, ada pula yang mengeluhkan beberapa aspek Sirkuit Mandalika hingga membuat mereka kurang nyaman kala membalap.

“Layout bagus, hanya cukup kotor di sana, terutama off line,” ujar pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, kepada Motorsport.

“Tentu saja, (permukaan sirkuit) kotor, dan bergelombang di beberapa area. Aspal seperti lepas di Tikungan 1. Juga sektor terakhir, banyak batu,” sambungnya.

Pernyataan senada dilontarkan Toprak Razgatlioglu, yang merupakan rival Rea dalam perebutan gelar juara dunia WSBK 2021.

“Saya selalu suka trek baru dan cepat beradaptasi. Saya juga suka trek kotor, karena saya selalu berlatih seperti ini,”ucapnya.

“Di Tikungan 1, batu berdatangan (ke dalam lintasan) seperti (di) Argentina (San Juan Villicum Circuit). Namun, tikungan lain tidak. Menurut saya tidak buruk.”

“Biasanya, saya menyukai setiap trek. Tapi, mungkin trek ini perlu aspal baru karena beberapa tikungan rusak. Namun, saya suka trek ini dan rasanya semua pembalap menyukainya,” tambahnya.

Pembalap Pata Yamaha with Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, kala ditemui tim Motorsport di pit lane jelang tampil dalam seri pamungkas WSBK 2021 yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Indonesia pada 19-21 November 2021.
Pembalap Pata Yamaha with Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, kala ditemui tim Motorsport di pit lane jelang tampil dalam seri pamungkas WSBK 2021 yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Indonesia pada 19-21 November 2021. Muhamad Fadli Ramadan/Motorsport.com Indonesia

Pembalap GRT Yamaha, Garrett Gerloff, turut mengomentari Sirkuit Mandalika yang menurutnya tidak mudah ditaklukkan.

“Pagi ini benar-benar buruk, mungkin karena treknya baru. Aspal di Tikungan 1 seperti mulai lepas, seperti batu di mana-mana,” ucapnya.

“Saya kira setelah sesi pertama, mereka akan membersihkannya. Kemudian setelah itu baik-baik saja.”

“Saya ingat momen di Tikungan 1. Big slide karena saya menyentuh beberapa batu. Tapi sekarang sudah lebih baik,” tutur Gerloff.

Pembalap Superbike, Garrett Gerloff, akan menggantikan Franco Morbidelli di MotoGP Belanda 2021.
Pembalap Superbike, Garrett Gerloff, akan menggantikan Franco Morbidelli di MotoGP Belanda 2021. (INSTAGRAM GARRETT GERLOFF)

Leon Haslam mengatakan, merupakan hal normal permukaan lintasan sebuah sirkuit baru, tidak bersih. Faktor utamanya karena belum terlalu sering dilintasi.

“Trek masih sedikit kotor. Saya pikir akan lebih baik di setiap sesi. Untuk melakukan overtaking, Anda harus pergi ke bagian yang kotor dan treknya bisa menjadi risiko,” ucap pembalap Team HRC itu.

“Bagi saya ini adalah satu-satunya hal yang harus kami kelola. Namun, itu normal untuk setiap sirkuit baru. Kondisinya akan membaik setiap saat,” pungkasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Skor

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 25 = 26