Balas Ustadz Adi Hidayat, Ade Armando: Apa Bukti Allah Perintahkan Shalat Lima Waktu

433

Pegiat media sosial, Ade Armando menanggapi video pendakwah Ustadz Adi Hidayat (UAH) yang membahas soal perintah shalat lima waktu.

Ade Armando pun lantas mengurai video Ustadz Adi Hidayat tersebut di mana sebelumnya UAH membuat video di kanal Youtube-nya dengan judul ‘Waktu Salat dalam Alquran’.

Akan tetapi, Ustadz Adi Hidayat dalam videonya itu tidak menyinggung nama Ade Armando yang diketahui belum lama ini menuai sorotan publik lantaran menyebut shalat lima waktu tidak wajib bagi umat Islam.

Dalam videonya itu, Ustadz Adi Hidayat menyatakan tentang kewajiban shalat 5 waktu sangat terang, jelas, dan detail.

Menanggapi video UAH tersebut, Ade Armando pun menilai penjelasan ayat-ayat yang disampaikan Adi Hidayat tidak meyakinkan.

Ia justru berkesimpulan, bahwa dari penjelasan ayat UAH tersebut memang tidak ada kewajiban bagi umat Islam untuk shalat 5 waktu.

“Ayat-ayat yang digunakan Adi sebagai bukti tidak meyakinkan,” ujar Ade Armando.

Hal itu disampaikan Ade Armando lewat videonya yang tayang di kanal YouTube Cokro TV, seperti dilihat pada Senin 22 November 2021.

Mengutip Hops.id, Ade Armando pun kemudian mengajak publik untuk membaca atau mendengar bunyi dalam ayat Alquran itu.

Menurutnya, surat pertama yang digunakan Ustadz Adi Hidayat adalah Al Isra ayat 78-79. Baginya jumlah waktu shalat tidak jelas.

Pasalnya, jika dalam surat itu yang dijadikan rujukan adalah kata ‘sesudah matahari tergelincir’ kemudian ‘gelap malam’ dan shalat subuh, maka Ade Armando mengaku hanya menemukan 3 kali shalat dalam sehari.

Selain itu, lanjut Ade, surat kedua yang digunakan Ustadz Adi Hidayat adalah Surat Hud ayat 114 di mana terjemahan ayatnya ‘Dan laksanakanlah shalat pada kedua ujung siang dan pada bagian permulaan malam’.

Menurut dosen Ilmu Komunikasi UI itu, jumlah shalat yang ia temukan di surat tersebut juga hanya tiga waktu. Kata Subuh bahkan sudah hilang.

Kemudian, kata Ade Armando, Ustadz Adi Hidayat dalam penjelasannya juga menyebut Surat Rum 30 ayat 17. Kalimatnya, ‘Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pagi hari’.

“Kalau Allah memang memaksudkan ini sebagai salat kok enggak dibikin konsisten saja. Apa bukti Allah perintahkan umat Islam shalat 5 waktu,” ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : terkini. 

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 79 = 80