Anwar Abbas Kecam Ferdinand Hutahaean, Refly Harun Singgung Denny Siregar: Pembelahan Masyarakat Begitu Nyata

387
Anwar Abbas

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) kecam cuitan Ferdinand Hutahaean yang dinilai telah menyinggung SARA.

Anwar Abbas mengaku menyesalkan komentar sinis yang disampaikan oleh Ferdinand Hutahaean.

Selain itu, Anwar Abbas juga mempertanyakan cuitan Ferdinand Hutahaean. Menurutnya, hal itu telah menyakiti hati umat Islam.

Menanggapi hal ini, Pakar hukum tata negara Refly Harun menilai, pembelahan masyarakat di Tanah Air saat ini sangatlah nyata.

“Begitulah negara kita saat ini, pembelahan masyarakat itu begitu kentara, begitu nyata,” kata Refly Harun, dikutip SeputarTangsel.Com dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 5 Januari 2022.

Refly Harun pun menyinggung sejumlah pegiat media sosial lainnya seperti Denny Siregar, Abu Janda, Ade Armando, Ruhut Sitompul, dan Ngabalin.

Menurut Refly Harun, nama-nama tersebut telah distigma masyarakat merupakan bagian dari Istana.

Sementara itu, pihak-pihak seperti dirinya, Rocky Gerung, dan Rizal Ramli merupakan pihak yang dicap sebagai oposisi pemerintah

“Padahal sesungguhnya tidak ingin begitu kita. Yang kita inginkan adalah suatu tanggapan, suatu kecerdasan, suatu argumentasi yang dibangun untuk mengontrol pemerintahan,” ujarnya.

Refly Harun menilai, pembelahan masyarakat terjadi akibat adanya presidential threshold.

Karena itu, ia mengatakan salah satu cara untuk menghapuskan pembelahan yang ada di masyarakat adalah dengan menghapuskan presidential threshold tersebut.

“Obatnya adalah hapuskan presidential threshold agar kita nanti mendapatkan pemimpin yang betul-betul mewakili seluruh aspirasi masyarakat karena memang dipilih oleh rakyat, bukan dipilih oleh oligarki kekuasaan, dan tidak memelihara buzzer,” tegasnya.***

Sumber Berita Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here