Anies Sudah 2 Kali Absen di Reuni 212, Pengamat: Dia Mulai Menjaga Jarak dari PA 212, Begini Alasannya

404
Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan lagi-lagi absen dalam reuni akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 tahun ini.

Tahun ini, Anies memilih hadir di acara penandatangan perjanjian kredit pembiayaan bagi pelaku usaha mikro di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta, ketimbang bergabung bersama massa reuni PA 212 di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

 

Tahun lalu pun, saat reuni PA 212 digelar secara virtual, Anies absen hadir karena beberapa hal.

Padahal, menilik dua tahun sebelumnya, Anies rela hadir di tengah-tengah massa reuni PA 212 yang telah mendukungnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2017 silam.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin lantas menganalisa terkait absennya Anies selama dua tahun ini.

 

Menurut Ujang, Anies saat ini mulai menjaga jarak dengan PA 212, demi kepentingan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Anies terlihat mulai menjaga jarak demi kepentingan Pilpres 2024. Jangankan hadir, bahkan tahun ini izin acaranya (reuni PA 212) saja tidak dikasih,” katanya pada wartawan dilansir Galamedia Jumat, 3 Desember 2021.

Meski begitu, Ujang menganggap wajar bila Anies mulai menjaga jarak dengan PA 212. Sebab, hal itu semata-mata sebagai langkah politik di Pilpres 2024.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar ini mengatakan, bila Anies ingin maju di Pilpres 2024, maka dirinya harus didukung oleh semua kalangan. Tidak hanya oleh satu kelompok.

“Anies kalau hanya didukung 212 itu sesuatu kekurangan. Anies kalau mau capres harus didukung semua kalangan,” tutur Ujang.  

Diketahui, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, dirinya dan Anies tidak hadir dalam acara reuni PA 212.

Riza menjelaskan, mereka memiliki agenda kegiatan bersama kementerian sehingga tak bisa hadir dalam acara itu.

“Ada acara dengan kementerian,” ungkapnya pada Rabu, 1 Desember 2021 malam.

Alih-alih akan hadir, Ariza justru meminta panitia mempertimbangkan acara tersebut karena berpotensi menimbulkan kerumunan dan penyebaran Covid-19.

 

“Kami minta supaya panitia mempertimbangkan kembali karena ini masa pandemi,” tandasnya. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 1 =