Anies soal Kebakaran Saat Mati Listrik: 7 Kejadian dan Sudah Ditangani

172

Mati listrik massal yang terjadi di Jakarta diikuti oleh sejumlah peristiwa kebakaran. Kebakaran itu terjadi di hampir seluruh wilayah Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencatat ada 7 kejadian kebakaran saat mati listrik di Jakarta. Dia menjamin, semuanya sudah ditangani dengan baik.

“Ada kebakaran yang tercatat ada tujuh yang sudah terverifikasi dan sudah langsung ditangani semuanya,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Senin (5/8).

Garis polisi terpasang di bangunan ruko yang terbakar di ruko Penjaringan yang menewaskan satu keluarga. Foto: Ajo Darisman/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Garis polisi terpasang di bangunan ruko yang terbakar di ruko Penjaringan yang menewaskan satu keluarga. Foto: Ajo Darisman/kumparan

Anies menduga kebakaran terjadi karena masyarakat menggunakan alat bantu penerangan seperti lilin saat pemadaman lampu terjadi. Penggunaan alat yang tidak disertai dengan kehati-hatian membuat dampak yang cukup besar, seperti kebakaran.

“Kecurigaan sejauh ini, memang karena ada yang karena alat-alat, ya, artinya karena listrik mati lalu mereka menggunakan alat-alat yang akhirnya punya efek berat,” ucap dia.

Rumah yang hangus terbakar di kawasan pemukiman Menteng Atas Selatan III, Jakarta Selatan. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Rumah yang hangus terbakar di kawasan pemukiman Menteng Atas Selatan III, Jakarta Selatan. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan

Meski begitu, mantan Mendikbud itu menyerahkan seluruh proses penyelidikan penyebab kebakaran kepada aparat yang berwenang.

“Nanti mengenai penyebabnya diselidiki secara tuntas oleh aparat penegak hukum,” tutup dia.

Salah satu kebakaran yang terjadi melanda kawasan perumahan di Menteng Atas Selatan 3, Jakarta Selatan, yang menghanguskan 24 rumah dan menewaskan satu orang warga.

Selain itu, kebakaran di Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, mengakibatkan satu keluarga tewas. Dugaan sementara, kebakaran di Jakarta terjadi karena lilin dan korsleting listrik. kumparan

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here