Anak Buah Sri Mulyani Makin Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Bisa Finish 4,5 Persen

443
Staf khusus Menteri Keuangan, Candra Fajri Ananda

Pemerintah kian optimis target pertumbuhan ekonomi tahun 2021 bisa mencapai 4,5 persen sesuai prediksi. Hal itu diperkuat dengan hasil positif pertumbuhan triwulan kedua yang mencapai 7,07 persen.

Demikian disampaikan Staf khusus Menteri Keuangan, Candra Fajri Ananda dalam webinar Kebijakan Publik yang digelar Narasi Institute pada Jumat (6/8).

Candra mengatakan, capaian positif pada triwulan II tahun 2021 harus dipelajari dan menjadi contoh agar cita-cita pertumbuhan ekonomi tahun ini mencapai 4,5 persen.

“Kita dapat belajar untuk pertumbuhan triwulan 3 dan 4 bahwa konsumsi dipertahankan tumbuh, investasi dan ekspor Impor ditingkatkan,” ujar Candra.

Gurubesar Ekonomi Universitas Brawijaya ini meyakini, penyelesaian perekonomian tidak hanya lewat penanganan ekonomi, namun juga perbaikan penanganan kesehatan serta penyaluran dana pusat ke daerah.

Belanja dana oleh daerah yang baik diyakini dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

“Dana yang sudah ditransfer (TKDD) perlu secepatnya dicairkan oleh Pemda untuk mempercepat proses vaksinasi dan pemulihan ekonomi daerah. Jangan ada terlambat penyaluran,” tegasnya.

Candra memastikan, dana bantuan sudah tersedia di pusat. Namun ia tidak memungkiri ada kendala dalam proses penyalurannya.

“Menurut evaluasi World Bank, program perlindungan sosial Indonesia masih belum efektif. Termasuk terkait proses pendataan. Pemerintah berusaha terus menerus memperbaiki data untuk perlinsos agar tepat sasaran dan maksimal manfaatnya,” tutupnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : RMOL

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here