Akademisi bongkar sosok besar yang jadi sponsor penyokong dana Pilpres 2024, ternyata…

609
PILPRES 2024

Akademisi politik dari Universitas Airlangga (Unair) Kacung Marijan mengungkapkan sosok besar yang jadi sponsor penyokong dana pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Kacung Marijan menjelaskan, bahwa hasil survei dan penilaian masyarakat bakal berpengaruh kuat pada tokoh yang maju pada Pilpres 2024 nanti.

Hal tersebut berkaitan dengan elektabilitas, apabila tokoh yang maju sebagai capres memiliki hasil survei yang baik, tentu pihak sponsor akan mendukung mereka.

Ilustrasi Pilpres. Foto: Antara
Ilustrasi Pilpres. Foto: Antara

Mengingat dalam setiap pemilu tentu perlu menggelontorkan dana yang cukup besar sehingga para penyumbang bakal lebih selektif dalam memberikan dukungan.

“Biaya pemilu itu banyak sekali dan para penyumbang dana tak akan menyumbang orang yang tak akan terpilih,” kata Kacung Marijan, dikutip Hops dari GenPI.co, pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Pihaknya juga menilai, para penyumbang dana pemilu di Indonesia sangat pragmatis dan didasari atas berbagai faktor, di antaranya alasan ideologi.

“Para penyumbang di Indonesia itu tak didasari pada alasan ideologi, terutama yang menyumbang dana, bukan hanya sekadar dukungan politik,” ujarnya.

Para sponsor sudah mulai melirik sejumlah nama

Menakar lebih jauh, pria yang juga jadi pengajar di Universitas Airlangga (Unair) itu mengklaim bahwa jelang 2024 sekarang ini, para sponsor sebenarnya sudah mulai melirik tokoh mana yang layak untuk didukung pada Pilpres 2024.

Kendati demikian tentu pihak sponpor masih menimbang sejumlah faktor dan dinamika politik yang bakal terjadi.

“Mereka akan mempertimbangkan calon mana yang kira-kira layak didukung pada 2024, entah Prabowo, Anies, Ganjar, Puan, Ridwan Kamil, atau Risma,” jelasnya.

Tergantung dari citra, dukungan masyarakat, hingga elektabilitas

Ilustrasi penyokong dana Pilpres 2024. Foto: Pngitem
Ilustrasi penyokong dana Pilpres 2024. Foto: Pngitem

Dia pun mengungkapkan, bahwa tokoh yang dinilai memiliki sepak terjang dan citra yang baik pasti bakal mendapat banyak perhatian dari pihak sponsor.

Nantinya, sosok yang berpotensi menang dalam Pilpres 2024 tentu bakal mendapat dukungan yang banyak dari para penyumbang dana sebagai sponsor politik.

“Mereka yang paling mungkin akan menang pasti diberikan banyak perhatian dan dukungan dana oleh pihak sponsor,” tuturnya.

Makanya, kata Kacung Marijan, kinerja para tokoh politik jelang 2024 akan sangat mempengaruhi penilaian masyarakat.

“Untuk menjadi populer di masyarakat, tentu tergantung dengan kinerja mereka saat ini,” tandasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here