Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Soal PDIP Usung Anies di Pilkada,Pengamat Ingatkan Rivalitas Eks Capres Vs Ahok di Pilkada 2017


 PDIP akan sulit jika ingin mengusung eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilkada mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Analis Politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam yang menilai PDIP sama saja bunuh diri.

Karena, Anies Baswedan adalah rival dari kader PDIP Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diusung pada 2017 lalu.

Baca juga: Berkaca pada Pilpres 2024 di Jakarta, PSI Sebut Anies Baswedan Sulit Kembali Menjabat di Pilkada

Kalah dari Anies dalam pilkada yang bernuansa politik identitas, PDIP kemudian rutin mengkritik selaku oposisi Anies dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta.

Umam menyoroti adanya jurang perbedaan ideologis yang cukup dalam antara PDIP dengan citra yang dilekatkan kepada Anies usai Pilkada 2017 itu.

"Bagi sebagian orang PDIP, itu (mengusung Anies) dianggap political suicide karena itu akan mendegradasi cara pandang yang dibangun PDI-P selama ini, terutama setelah pertarungan Ahok dan Anies," kata Umam dalam program GASPOL! Kompas.com, Sabtu (22/6/2024).

"Ada basis perbedaan ideologi yang sangat berbeda. Basis perbedaannya cukup tebal. Kalau terjadi peleburan itu akan terjadi koreksi tersebut PDIP itu sendiri," jelasnya.

Umam menegaskan, basis konsolidasi kekuatan PDIP sejak Pemilu 2014 hingga 2024 lalu relatif terawat dengan baik karena faktor sentimen ideologis.

Ia meyakini, internal PDIP menghitung betul semua konsekuensi yang mungkin timbul seandainya mengusung Anies pada Pilkada Jakarta 2024.

"Karena basis kekuatan itu yang selama ini dijaga dengan cara pandang, dengan paradigma nasionalisme yang tertata," ungkap Umam.

"Barangkali elite memiliki kalkulasi lain sehingga menjadi satu, maka salah satu ancaman yang berpotensi terjadi adalah merapuhnya basis loyal pemilih masing-masing," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, DPD PDIP resmi mengajukan nama Anies Baswedan sebagai salah satu dari nama-nama yang diusulkan maju Pilkada Jakarta 2024.

Keputusan berikutnya ada pada DPP PDIP.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Utut Adianto, bahkan telah menyanjung Anies dan memuji nasionalisme eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Ia juga berharap, kursi calon wakil gubernur pendamping Anies nanti akan menjadi milik PDIP. (*)

Sumber Berita / Artiel Asli : WOW Tribunnews

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved