Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tunisia menjatuhkan hukuman mati kepada 4 orang dan penjara seumur hidup

 

TUNIS: Pengadilan Tunisia pada Rabu menjatuhkan hukuman mati kepada empat orang dan dua orang penjara seumur hidup atas tuduhan ikut serta dalam pembunuhan pemimpin politik terkemuka Chokri Belaid 11 tahun lalu, pembunuhan politik pertama di negara itu dalam beberapa dekade.

Belaid, seorang politisi sayap kiri, merupakan pengkritik keras partai Islam Ennahda, dan mengklaim bahwa partai tersebut menutup mata terhadap kekerasan yang dilakukan oleh ekstremis terhadap kelompok sekuler. Dia ditembak mati di dalam mobilnya oleh orang-orang bersenjata pada 6 Februari 2013.

Pembunuhan Belaid mengejutkan negara tersebut dan memicu protes besar-besaran dan penuh kekerasan di masa yang penuh gejolak tak lama setelah Arab Spring pada tahun 2011, ketika protes meletus pertama kali di Tunisia dan kemudian di seluruh dunia. wilayah ini menggulingkan beberapa otokrat lama.

Di dekat pengadilan Tunis, puluhan pendukung Belaid berkumpul sejak Selasa malam, meneriakkan slogan-slogan menuntut keadilan.

Mereka meneriakkan “Chokri selalu hidup” dan “kami setia pada darah para martir.”

Meskipun Belaid hanya memiliki sedikit pengikut politik, kritiknya terhadap kebijakan Ennahda mewakili banyak warga Tunisia yang khawatir kelompok radikal cenderung menghancurkan kebebasan yang diperoleh dalam pemberontakan pertama yang melanda dunia Arab.

Beberapa bulan setelah pembunuhan Belaid, Mohamed Brahmi, seorang anggota sayap kiri lainnya juga ditembak mati oleh orang-orang bersenjata, dan protes massal serta tekanan politik memaksa pemerintah yang dipimpin kelompok Islam untuk mundur pada saat itu.

Mereka yang terlibat dalam pembunuhan Belaid dan Brahmi adalah anggota jihadis Ansar Al-Sharia, sebuah organisasi yang diklasifikasikan sebagai “kelompok teroris” oleh pemerintah pada Agustus 2013.

Keluarga Belaid dan politisi sekuler menuduh para pemimpin partai Islam Ennahda berada di balik pembunuhan tersebut ketika mereka memimpin pemerintahan.

Ennahda membantah keras adanya hubungan dengan pembunuhan tersebut.

“Rincian yang disimpulkan oleh pengadilan dengan jelas menunjukkan bukti bahwa Ennahda tidak bersalah,” kata Ennahda pada hari Rabu dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa putusan ini harus mengembalikan rasa hormat kepada mereka yang terkena dampak tuduhan politik palsu, terutama pemimpin Ennahda Rached Ghannouchi.

Ennahda menyerukan pembukaan halaman baru rekonsiliasi besar dan mengakhiri perselisihan, pengucilan dan kebencian. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved