Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terkait Tarif Baja Tiongkok Menang Atas Australia dalam Sengketa Perdagangan WTO


Tiongkok menang dalam perselisihan yang sudah berlangsung hampir tiga tahun dengan Australia di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengenai tarif produk baja, dan Menteri Perdagangan Australia mengumumkan bahwa pemerintahnya menerima keputusan tersebut.

Pemerintah Australia telah mengakui kekalahan dari Tiongkok di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) setelah kebuntuan selama tiga tahun mengenai tarif produk baja.

Menteri Perdagangan Australia Don Farrell dalam pernyataannya pada hari Rabu bahwa “Sesuai dengan dukungan Australia terhadap sistem perdagangan berbasis aturan, Pemerintah Australia menerima keputusan panel WTO.”

“Australia akan menjalin hubungan dengan Tiongkok dan mengambil langkah-langkah untuk menerapkan temuan panel tersebut,” kata Farrell. “Australia tetap berkomitmen terhadap sistem penyelesaian sengketa WTO yang berfungsi penuh sehingga hak dan kewajiban seluruh anggota WTO dapat ditegakkan.”

Keputusan panel WTO pada hari Selasa mengenai kasus ini di Jenewa, Swiss, menemukan bahwa Komisi Anti-Dumping Australia telah bertindak tidak konsisten dengan pasal-pasal perjanjian anti-dumping.

Beijing mengajukan keluhan ke WTO pada bulan Juni 2021 terhadap pengenaan bea tambahan yang dilakukan Australia terhadap produk baja yang diimpor dari Tiongkok, seperti roda kereta api, bak cuci baja tahan karat, dan menara turbin angin, yang menyumbang nilai perdagangan sebesar A$62 juta (US$40,4 juta ) pada tahun 2022.

Sengketa tarif dagang antara Beijing dan Canberra dimulai pada tahun 2020. Tiongkok memperingatkan konsekuensi ekonomi setelah Perdana Menteri Australia saat itu, Scott Morrison, mengikuti tuntutan yang dipimpin AS, pada akhir April tahun itu, untuk melakukan penyelidikan mengenai asal usul COVID-19. Washington bersikeras dimulai di Wuhan.
Pada bulan Mei 2020, pemerintah Tiongkok mengenakan tarif besar terhadap ekspor jelai Australia , termasuk tarif anti-dumping sebesar 73,6 persen dan tarif anti-subsidi sebesar 6,9 persen, menyusul penyelidikan selama 16 bulan terhadap dugaan aktivitas dumping yang dilakukan Australia.

Kemudian, pada akhir bulan November 2020, Kementerian Perdagangan Tiongkok mengumumkan tarif yang mencapai hingga 212,1 persen terhadap impor anggur Australia setelah penyelidikan terhadap dugaan praktik dumping yang diminta oleh pembuat anggur Tiongkok.

“Perekonomian Australia dan Tiongkok saling berhubungan,” Tom Harper, Asisten Profesor di Neijiang Normal University, mengatakan kepada Sputnik pada saat itu. “Jadi misalnya, 39 persen dari keseluruhan ekspor Australia ditujukan ke Tiongkok, begitu juga sekitar sepertiga dari belanja wisatawan. di Australia berasal dari turis Tiongkok, dan juga hampir sepertiga pelajar asing di Australia berasal dari Tiongkok.”

“Salah satu implikasinya adalah negara ini sangat bergantung pada perdagangan Tiongkok, sehingga terdapat kontradiksi di sini,” Harper menambahkan. “Di satu sisi, mereka bergantung pada Tiongkok dalam hal perekonomian, namun di sisi lain dalam hal politik dan keamanan, mereka bergantung pada Tiongkok. selaras dengan Amerika Serikat.”

Tarif tahun 2020 diperkirakan menimbulkan kerugian sebesar AU$20 miliar ($13 miliar) pada perekonomian Australia.

Terpilihnya PM Australia saat ini Anthony Albanese pada tahun 2022 diikuti oleh peningkatan hubungan Beijing-Canberra, dengan Tiongkok secara bertahap mencabut sanksi perdagangan terhadap ekspor Australia, termasuk jelai, kayu, dan batu bara. Namun tarif untuk barang-barang tertentu, seperti rumah potong hewan, lobster batu, dan anggur masih berlaku.

Pada bulan April 2023, Australia mengambil tindakan untuk mengatasi perselisihan perdagangan dengan Tiongkok dengan menangguhkan pengaduan yang diajukan ke WTO untuk mendapatkan kembali akses jelai Australia ke pasar Tiongkok.

Mereka juga menghentikan perselisihan lainnya mengenai sanksi terhadap anggur Australia, yang bernilai sekitar AU$1,1 miliar ($720 juta). Tindakan tersebut dianggap sebagai upaya pemerintah Australia untuk meningkatkan hubungan diplomatik dengan Beijing. [SP-TK]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved