Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Serangan terhadap Rafah 'bukan cara' untuk mengalahkan Hamas

 NEW YORK: Amerika Serikat kembali mendesak Israel untuk membatalkan rencana operasi darat besar-besaran di Rafah, tempat lebih dari 1,5 juta pengungsi Palestina terkurung setelah berbulan-bulan pertempuran di Gaza.

“Kami memiliki tujuan yang sama dengan Israel untuk mengalahkan Hamas,” kata Duta Besar AS Robert Wood kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa, “tetapi operasi darat militer besar-besaran di Rafah bukanlah cara untuk mencapainya.

“Ini berisiko membunuh lebih banyak warga sipil, dan berisiko menimbulkan kekacauan yang lebih besar dengan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Jadi saran kami kepada Israel adalah, ada cara yang lebih baik.”

Wood juga mengatakan Washington sedang berupaya untuk secara dramatis meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza, “di mana tidak cukup bantuan yang menjangkau warga sipil yang membutuhkan.”

Ia berkata: “Kenyataannya adalah anak-anak mati kelaparan karena bantuan kemanusiaan tidak dapat menjangkau mereka.

“Anak-anak tidak seharusnya meninggal karena kekurangan gizi di Gaza, atau di mana pun juga. 100 persen penduduk Gaza mengalami kerawanan pangan akut yang parah. “

Setelah 170 hari pertempuran antara Israel dan Hamas, Dewan Keamanan PBB pada hari Senin mengadopsi Resolusi 2728, yang menyerukan penghentian permusuhan selama bulan suci Ramadhan, yang mengarah pada “gencatan senjata yang langgeng dan berkelanjutan.”

Selain itu, resolusi tersebut menyerukan Hamas dan kelompok militan lainnya untuk membebaskan semua sandera yang disandera pada 7 Oktober.

Resolusi ini juga menuntut agar semua pihak yang terlibat dalam konflik “mematuhi kewajiban mereka berdasarkan hukum internasional sehubungan dengan semua orang yang mereka tahan,” dan menekankan “kebutuhan mendesak untuk memperluas aliran bantuan kemanusiaan, dan memperkuat perlindungan warga sipil di negara-negara tersebut. seluruh Jalur Gaza.”

Resolusi tersebut menegaskan kembali tuntutan untuk menghilangkan “semua hambatan terhadap penyediaan bantuan kemanusiaan dalam skala besar.”

Wood menyatakan penyesalannya karena resolusi tersebut gagal mengutuk serangan teror Hamas pada 7 Oktober, dan “kekerasan seksualnya.”

“Tidak ada alasan, saya ulangi, tidak ada alasan atas kegagalan Dewan Keamanan dalam mengutuk terorisme Hamas. Dewan ini perlu mengutuk Hamas,” katanya.

Wakil Perwakilan Tetap Guyana Stephanie Savory mengatakan kepada dewan bahwa “dari semua indikasi, resolusi kemarin tidak dipatuhi.”

Ketika perang di Gaza berlanjut, serangan Israel pada Senin malam terhadap sebuah bangunan perumahan di Rafah tempat tiga keluarga pengungsi berlindung menewaskan sedikitnya 16 orang, termasuk sembilan anak-anak dan empat wanita, menurut catatan rumah sakit dan kerabat para korban.

“Akuntabilitas masih sangat kurang dalam konflik Israel-Palestina, dan mungkin itulah alasan kejahatan demi kejahatan dilakukan tahun demi tahun dengan impunitas yang tampak,” kata Savory.

Perwakilan Tetap Perancis untuk PBB, Nicolas de Riviere, meminta Israel untuk “segera dan tanpa syarat” membuka semua titik penyeberangan darat yang ada.

“Situasi kemanusiaan di Gaza sangat buruk, dan ada kebutuhan mendesak untuk memastikan masuknya bantuan secara besar-besaran mengingat risiko kelaparan yang akan terjadi,” katanya.

Seperti anggota dewan lainnya, de Riviere mengutuk kebijakan Israel, yang “bertentangan dengan hukum internasional,” yang melanjutkan dan “bahkan mempercepat” pembangunan pemukiman Israel di Tepi Barat.

“Prancis tidak akan pernah mengakui aneksasi wilayah secara ilegal. Keputusan Israel pada 22 Maret yang menyita 800 hektar lahan di Tepi Barat tidak bisa diterima. Ini merupakan penyitaan tanah terbesar yang dilakukan Israel di wilayah pendudukan Palestina sejak Perjanjian Oslo.

Dia menambahkan bahwa “status quo bersejarah mengenai tempat-tempat suci di Yerusalem harus dipertahankan.”

Prancis menyerukan agar semua tindakan dihindari “yang akan menyebabkan kekacauan situasi di Yerusalem dan Tepi Barat,” kata de Riviere. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved