Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

UGM Pelopori Gerakan Akademisi Kritik Jokowi, Akbar Faizal: Saya Yakin Memang Ada Problem Serius

 

Petisi para sivitas akademika di berbagai perguruan tinggi yang mengkritisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai kontroversi di tahun politik ini.

Ada yang menilainya bahwa sivitas akademika yang mengkritik Jokowi tersebut merupakan partisan. Partisan merupakan pengikut partai, golongan atau paham tertentu.

Di sisi lain, tak sedikit juga yang menilai bahwa itu merupakan bentuk kemarahan rakyat terhadap Presiden Jokowi yang dinilai telah melenceng dari nilai-nilai Pancasila.

Awalnya, Universitas Gadjah Mada (UGM), yang merupakan tempat Jokowi meraih sarjana yang mempelopori gerakan tersebut.

Mereka memberikan kritikan terhadap Jokowi melalui Petisi Bulaksumur pada 31 Januari lalu.

Politisi Akbar Faizal menyatakan, Eks Rektor UGM merupakan orang terdekat Jokowi. Jika ada perlawanan dari UGM hari ini menurutnya itu murni karena ada problem yang serius.

“Seharusnya tak ada problem komunikasi antara Presiden Jokowi dengan masyarakat akademik. Orang terdekatnya adalah eks Rektor UGM. Jika ada gerakan perlawanan serius yang dimulai dari UGM pula maka saya yakin memang ada problem serius,” tutur Akbar Faizal, dalam akun X, Jumat, (9/2/2024).

Sehari setelah UGM, menyusul Universitas Islam Indonesia (UII). Rektor UII, Profesor. Fathul Wahid memimpin langsung pernyataan sikap “Indonesia Darurat Kenegarawanan” pada 1 Februari, dan juga Universitas Khairun Ternate.

Lalu Universitas Indonesia yang dibacakan oleh Ketua Dewan Guru Besar UI, Harkristuti Harkrisnowo, di pelataran Gedung Rektorat UI, Depok, pada Jumat, 2 Januari 2024. Di hari yang sama juga ada Universitas Andalas, Universitas Lambung Mangkurat,

Tanggal 3 Februari menyusul Universitas Padjajaran (Unpad) melalui petisi “Seruan Padjajaran”, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia.

Tanggal 4 Februari ada, Universitas Islam Malang.

Kemudian tanggal 5 Februari, Sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, atau UIN Jakarta; Forum Dosen Universitas Riau (Unri) Peduli Demokrasi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Institut Teknologi Bandung; Universitas Airlanggai; Uversitas 17 Agustus 1945; Uiversitas Jember; Universitas Negeri Malang; Universitas Negeri Surabaya; Universitas Muhammadiyah Surakarta; Universitas Janabadra; Universitas Ahmad Dahlan; Institut Teknologi Sepuluh Nopember; Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STF Driyakarya); Universitas Brawijaya

Lalu Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung; Universitas Islam Bandung; Universitas Muhammadiyah Jakarta; Universitas Malikussaleh.

Tanggal 6 disusul Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tanggal 7 disusul Universitas Madura (UNIRA). (selfi/fajar)

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved