Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

MOMEN Jokowi Ungkap Soal 'Ganti Presiden' Saat Bicara di Acara Forum Rektor

 

Presiden Joko Widodo menyinggung soal "ganti presiden" saat memberikan sambutan di acara Forum Rektor Indonesia yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Senin (15/1/2024).

Hal itu dia sampaikan ketika membicarakan soal anggaran riset untuk perguruan tinggi.

Awalnya, Presiden Jokowi meminta kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim untuk menaikkan besaran anggaran riset perguruan tinggi. Jokowi meminta agar hal itu dimulai pada tahun ini. 

"Orkestratornya (penelitian) boleh dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), tetapi perguruan tinggi (agar) peran untuk riset dan development-nya betul-betul diperkuat," ujar Jokowi dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

"Artinya lagi, Pak Nadiem anggarannya diperbesar. Enggak apa-apa dimulai tahun ini. Nanti kan sudah ganti Presiden. Tapi dimulai dulu yang gede (penambahan anggaran risetnya). Jadi Presiden yang akan datang pasti mau tidak mau (akan) melanjutkan," ungkapnya.

Kepala Negara juga menyebutkan, Presiden RI mendatang bisa saja dari pasangan calon presiden - calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, 2 maupun 3.

Namun, menurut Jokowi jika anggaran riset sudah mulai ditambahkan dalam jumlah besar maka Presiden Indonesia yang akan datang tak akan berani memotongnya.

"Entah (pemimpin mendatang dari paslon) 01, entah itu 02, itu entah 03. Tapi dimulai dulu. Enggak mungkin kalau Pak Nadiem sudah menambahkan (anggaran) banyak, Presiden yang akan datang motong (anggaran itu). Enggak berani," tegasnya. 

Sebagaimana diketahui, 2024 ini menjadi tahun terakhir masa kepemimpinan Presiden Jokowi.

Jokowi telah menjabat selama dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024. Masa jabatan Presiden Jokowi sendiri akan selesai pada Oktober 2024.

Sementara itu, saat ini ada tiga pasangan capres-cawapres yang berkontestasi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mereka yakni pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved