Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

DPRD Kritik Gibran Sering Cuti Wali Kota untuk Kampanye: Solo Masih Banyak PR!

 

DPRD Solo memberikan kritik ke Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang sering mengajukan cuti kampanye sebagai cawapres 02 yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024.

Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto, mengatakan pihaknya mempertanyakan Gibran yang sering mengajukan cuti kampanye. Padahal, Kota Solo masih banyak pekerjaan rumah (PR).

“Yang terjadi saat ini Gibran sering mengajukan cuti kampanye berkeliling antarprovinsi di Indonesia. Padahal dia (Gibran) pernah menyebut Kota Solo masih banyak pekerjaan rumah,” kata Sugeng, Senin (15/1).

Politikus PKS itu mengatakan banyak pekerjaan yang sebenarnya bisa segera selesai, tapi terbengkalai.

Dia mencontohkan PR yang masih banyak yang belum terselesaikan Gibran antara lain angka stunting yang makin naik, sekolah negeri yang kehilangan murid sehingga terpaksa di-regrouping, hingga masyarakat yang mengeluh karena Kartu Indonesia Sehat (KIS) mati.

"Jadi untuk KIS ini tadi, banyak yang kasus mereka ditolak oleh rumah sakit karena KIS-nya mati. Masyarakat yang mestinya berobat dengan dicover BPJS APBN atau APBD menjadi tidak bisa,” katanya.

Dia juga menyoroti ada 17 proyek pembangunan Wali Kota Solo molor.

Proyek itu salah satunya revitalisasi Taman Balekambang, Keraton Surakarta, dan elevated rail atau rel layang di simpang tujuh Joglo.

Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo, menambahkan Wali Kota Gibran yang sering mengambil cuti kampanye bisa berpengaruh jika ada kondisi darurat yang butuh segera untuk mengambil keputusan.

Sementara untuk kegiatan yang sifatnya koordinatif atau seremonial masih bisa didelegasikan ke wakilnya atau jajarannya yang lain. 

“Saya kira ini yang berpengaruh. Karena mau bagaimanapun, setiap kebijakan berada di tangan pimpinan," kata politikus PDIP tersebut.

Gibran Cuti Tak Masuk Kerja 3 Hari untuk Kampanye di Maluku dan Bali

Cawapres 02 sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti tidak masuk kerja selama tiga hari terhitung mulai Senin-Rabu, 8-10 Januari 2024.

Putra sulung Presiden Jokowi ini mengajukan cuti untuk melakukan kampanye di wilayah Maluku dan Bali.

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Herwin Tri Nugroho, mengatakan cuti Wali Kota Solo disetujui Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana pada, Jumat (5/1). Surat cuti itu kemudian disampaikan ke Pemkot Solo.

“Ya benar, Mas Wali (Gibran) cuti selama tiga hari. Tanggal cuti mulai tanggal 8 Januari sampai 10 Januari,” kata Herwin dihubungi kumparan, Senin (8/1).

“Beliau (Gibran) cuti kampanye di Maluku dan Bali,” imbuhnya.

Dia mengatakan untuk tugas harian Wali Kota Solo selama cuti, dilaksanakan Plh Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Untuk hari Senin ini hanya ada satu tugas Walkot Solo didisposisikan kepada Wakil Wali Kota Solo, Teguh.

Agenda tersebut, lanjut dia, rapat pemberian arahan terkait Detail Engineering Design (DED) prioritas pekerjaan tahun 2024.

“Tugas harian Wali Kota Solo dilaksanakan, Pak Teguh Plh Wali Kota Solo,” katanya. 

Ia menambahkan, meskipun Gibran cuti, pelayanan Pemkot Solo tetap jalan.

Gibran sendiri terakhir ngantor di Balai Kota Solo pada Jumat (5/1), dengan agenda memutasi 151 ASN Kota Solo.

Jelang Debat Cawapres, Gibran Ajukan Cuti Tak Masuk Kerja Selama Tiga Hari

Wali Kota Solo sekaligus Cawapres 02, Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti tidak masuk kerja selama tiga hari terhitung mulai Senin-Rabu (15-17/1). Gibran akan kembali menghadapi debat cawapres yang digelar pada Minggu (21/1).

Putra sulung Presiden Jokowi itu tidak masuk kerja untuk kampanye di Jakarta. Sebelumnya Gibran juga mengajukan cuti tiga hari pada Senin-Rabu (8-10/1) untuk kampanye di Provinsi Maluku dan Bali.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan cuti Walkot Gibran disampaikan langsung Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda Pemkot Solo. Cuti itu tujuan kampanye selama tiga hari, yakni Senin sampai Rabu.

“Beliau (Gibran) cuti lagi Senin-Rabu. Pekan kemarin cuti Senin-Rabu, pekan ini juga sama Senin sampai Rabu untuk kampanye,” ujar Teguh ditemui usai membuka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Taman Cerdas Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin (15/1).

Dia mengatakan untuk tugas Wali Kota Solo Gibran didisposisikan pada dirinya selama cuti.

Salah satu tugas yang didisposisikan adalah membuka pekan imunisasi polio. Kemudian rapat dengan BPK di Semarang.

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Herwin Tri Nugroho, menambahkan cuti Wali Kota Solo Gibran disetujui PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana pada Rabu (10/1).

“Beliau (Gibran) cuti selama tiga hari (Senin-Rabu). Tujuan cuti kampanye di Jakarta. Cuti disetujui Pj Gubernur Jateng pada 10 Januari. Kegiatan wali kota didisposisikan Plh Wali Kota Solo Teguh Prakosa,” pungkasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : kumparan

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved