Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Disebut Hakim Konstitusi Paling Sering Bolos Rapat, Anwar Usman: Itu Lagi Dinas

 Disebut Hakim Konstitusi Paling Sering Bolos Rapat, Anwar Usman: Itu Lagi Dinas

Ada narasi yang menyebutkan bahwa Hakim Konstitusi Anwar Usman merupakan hakim konstitusi paling sering bolos rapat permusyawaratan hakim (RPH) dibandingkan delapan hakim lainnya di Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Terkait hal ini, Anwar merespons bahwa dirinya bukan mangkir dari RPH, melainkan sering dinas menjalankan tugas negara.

Anwar mengaku sering melakukan perjalanan dinas di luar negeri ataupun dalam negeri. Terlebih lagi saat dirinya menjabat sebagai Ketua MK.

“Jadi itu lagi dinas, dianggap bolos. Kalau dinas kan melakukan tugas negara juga. Saya kan waktu (jadi) ketua (MK). Sering dinas ke luar negeri dan dalam negeri juga,” kata Anwar saat ditemui di Gedung MK, Rabu (10/1/2024).

Menurut dia, pihak yang melabeli dirinya sebagai hakim paling sering bolos hanya melihat dari dokumen putusan MK yang tidak memberikan keterangan alasan mengapa hakim tertentu tidak ikut memutus suatu perkara.

“Jadi kan begini, yang bersangkutan hanya melihat, ‘Demikianlah diputus oleh sekian hakim’ (pada dokumen putusan). Memang tidak ada keterangan bahwa kok kurang satu misalnya ke mana, kadang-kadang kurang dua (hakim),” tuturnya.

Sebelumnya, Pusat Kajian Demokrasi, Konstitusi dan HAM (PANDEKHA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) merilis hasil analisis data bahwa Anwar Usman bolos sebanyak 28 kali dalam RPH pengambilan putusan sepanjang tahun 2023.

Angka tersebut paling banyak jika dibandingkan dengan delapan hakim konstitusi lainnya.

PANDEKHA mencatat Wahiduddin Adams absen RPH sebanyak 16 kali, Manahan M. P. Sitompul sebanyak 15 kali dan Enny Nurbaningsih sebanyak 11 kali.

Sementara itu, M. Guntur Hamzah disebut absen sebanyak 8 kali, Arief Hidayat 7 kali, Daniel Yusmic P. Foekh 3 kali, Saldi Isra 2 kali dan Suhartoyo 1 kali.

Anwar Usman mengaku terkejut dengan data tersebut. Dia merasa dirinya bekerja tanpa kenal hari libur.

“Saya hari libur saja masuk. Bukan bela diri, fakta. Orang hari Sabtu, Minggu saja saya masuk kalau enggak ada kerjaan di rumah atau enggak ada acara. Itu saya. Masa 28 kali? Kaget saya, tapi saya ketawa sih,” pungkasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : tv one

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved