Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Dinilai Rendahkan Mahfud MD di Debat Cawapres, Gus Paox : Gibran Tak Punya Adab!

 

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dinilai tak punya adab saat tampil dalam debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Pasalnya, dalam debat tersebut Gibran tampak jelas merendahkan lawan bicaranya seperti saat memberikan pertanyaan ke cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Demikian disampaikan Ketua Umum Kopi Gama, Gus Paox Iben dalam keterangannya kepada Pojoksatu.id, Selasa (23/1/2023).

"Adabul batsi wal munadhoroh, atau adab tata cara berdebat yang baik. Yaitu merendahkan lawan debat dengan menyebut, Pak Mahfud ini profesor tapi tidak tau green inflation" ujarnya.

Menurutnya, istilah teknis jadi tebak-tebakan wilayah kebijakan kepemimpinan. Menjebak pertanyaan apa, bukan bertanya bagaimana dan kenapa.

"Sikap Mas Gibran ini tidak sesuai dengan tata cara adab berdebat di pesantren, lantaran melecehkan orang lain. Padahal timsesnya ada banyak kyai dan baru saja masuk per hari ini Bu Khofifah jadi TKN," tambah Gus Paox Iben.

Dia mengatakan, sikap itu berulang kali ditunjukkan Gibran di hadapan Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar dan Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD sebagai kandidat debat.

"Gesture Mas Gibran yang melecehkan itu berulang-ulang ditunjukkan kepada Pak Mahfud dan Gus Imin, dua kandidat yang berasal dari NU. Gibran ndak paham adab NU," tegas Gus Paox Iben.

Dalam debat Cawapres Gibran Rakabuming Raka menampilkan gestur celingak-celinguk saat mendengar jawaban dari Mahfud MD.

Momen tersebut terjadi saat Gibran menyampaikan pertanyaan bagaimana cara mengatasi green inflation atau inflasi hijau kepada Mahfud.

Gibran yang merasa tidak puas karena jawaban Mahfud MD justru mengarah ke ekonomi hijau. Hal ini membuat Gibran kemudian menampilkan gestur celingak-celinguk mencari jawaban Mahfud.

“Saya nyari jawaban pak Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah jawab ekonomi hijau,” ujar Gibran.

Mendengar respons Gibran, Mahfud seolah memberikan respons serupa. Dia sempat melihat ke atas dan menjawab juga mencari jawaban Gibran.

“Saya juga ingin mencari tuh jawabannya, ngawur juga. Ngarang-ngarang ndak karuan,” ucap Mahfud.

Mahfud kemudian mengaku enggan menjawab pertanyaan Gibran. Dia pun menilai pertanyaan yang disampaikan Gibran merupakan pertanyaan recehan.

"Begini lho, kalau akademis itu kalau bertanya yang kayak gitu-gitu tuh recehan, gitu, recehan recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya," kata Mahfud.

"Dan oleh sebab itu, saya kembalikan saya juga moderator ini tidak layak dijawab, pertanyaan kayak gini ndak ada jawabannya," tuturnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : pojoksatu

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved