Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Daftar 40 Kota Yang Bakal Dibangun Anies Setara Jakarta

 

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan 40 kota agar setara JAKARTA dibanding membangun Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dari segi visi, misi, dan program, AMIN telah menitikberatkan pada kesetaraan dan keadilan untuk mewujudkan Indonesia adil makmur untuk semua. Kami terus berdiskusi dengan para pakar dan ahli, baik dari internal Timnas AMIN maupun eksternal, khususnya terkait pembangunan 40 kota yang sudah ada di berbagai wilayah Indonesia untuk akselerasi pemerataan ekonomi," ungkap Anggota Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Awalil Rizky di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Sabtu, 13 Januari 2024.

Berikut 40 kota sebagai pusat pertumbuhan berkualitas yang ditampilkan dalam slide presentasi Anies

1. Banda Aceh

2. Medan Metropolitan

3. Padang

4. Batam

5. Pekanbaru

6. Jambi

7. Palembang

8. Pangkal Pinang

9. Bengkulu

10. Bandar Lampung

11. Serang

12. Jakarta Metropolitan

13. Metropolitan Bandung Raya

14. Cirebon

15. Metropolitan Semarang

16. Cilacap

17. Malang

18. Metropolitan Surabaya

19. Metropolitan Denpasar

20. Yogyakarta

21. Surakarta

22. Metropolitan Balikpapan

23. Tarakan

24. Palangkaraya

25. Banjarmasin

26. Pontianak

27. Ternate-Sofifi

28. Ambon

29. Mataram

30. Kupang

31. Jayapura

32. Timika

33.Palu

34. Metropolitan Makassar

35. Mamuju

36. Kendari

37. Gorontalo

38. Manado-Bitung

39. Sorong

40. Merauke

Pakar Sebut Upgrade 40 Kota di Program Anies-Cak Imin akan Retribusi Ekonomi Lebih Cepat

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menegaskan pasangan calon (paslon) nomor 1 itu akan fokus pada program pembangunan 40 kota yang sudah ada (existing) di seluruh wilayah Indonesia agar setara dengan JAKARTA bila terpilih jadi Presiden.

Anggota Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Awalil Rizky mengatakan dalam menjalankan program tersebut pihaknya telah melakukan diskusi bersama pakar tata kota.

"Dari segi visi, misi, dan program, AMIN telah menitikberatkan pada kesetaraan dan keadilan untuk mewujudkan Indonesia adil makmur untuk semua.

"Kami terus berdiskusi dengan para pakar dan ahli, baik dari internal Timnas AMIN maupun eksternal, khususnya terkait pembangunan 40 kota yang sudah ada di berbagai wilayah Indonesia untuk akselerasi pemerataan ekonomi," ungkap Awalil di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu, 13 Januari 2024.

Awalil mengaku jika Timnas AMIN akan mendengarkan masukan-masukan yang diberikan pakar dan ahli independen terkait dengan visi dan misi AMIN tersebut.

Lebih lanjut, Awali mengaku memiliki opsi lain dalam pembangunan kota, yaitu upgrade 40 kota yang sudah ada setara Jakarta, bukan membangun dari nol. Sebanyak 40 kota ini tersebar dari Sabang-Merauke.

Menurutnya, pembangunan di 40 kota ini lebih efektif jika hanya membangun satu kota baru.

"Pembangunan (upgrade) 40 kota yang sudah ada ini akan lebih terasa dampak pemerataan ekonomi dibandingkan hanya membangun satu kota baru. Pasalnya, ketimpangan saat ini terasa di mana-mana," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ahli Tata Kota dari Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Suparwoko menyatakan sepakat dengan program AMIN tersebut.

Dia meyakini dengan upgrade 40 kota setara Jakarta akan ada pembangunan kementerian di setiap kota yang berbeda.

Dengan begitu, perekonomian akan tumbuh dengan sendirinya di masing-masing wilayah tersebut.

"Jika 40 kota, maka redistribusi ekonomi lebih cepat. Investor akan banyak pilihan daripada 1 portofolio pembangunan satu kota baru," ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : disway

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved