Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Beda Tarif Ceramah UAS vs Ustadz Solmed: Bak Bumi Langit, Siapa Yang Lebih Berpendidikan?

 

Tarif ceramah sejumlah ustaz di Indonesia tengah disorot. Tepatnya usai milik Ustaz Solmed yang diketahui mencapai miliaran rupiah kembali dibahas. Tak sedikit yang kemudian membandingkannya dengan para pendakwah lain.

Salah satunya, Ustaz Abdul Somad atau UAS yang juga populer di Tanah Air. Tarif ceramahnya dengan Ustaz Solmed disebut-sebut seperti bumi dan langit. 

Lantas, berapa sebetulnya bayaran mereka dan siapa yang lebih berilmu jika dilihat dari riwayat pendidikannya?

Tarif Ceramah UAS vs Ustaz Solmed

Ustaz Abdul Somad sempat berbicara mengenai tarif ceramahnya pada tahun 2020 silam. 

Saat itu, ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memasang harga. Dengan kata lain, bayarannya ini tergantung dari pihak pengundang.

"Setiap kali ada yang bertanya ‘ustaz, honornya berapa?’, saya tegaskan saya tak pernah pasang banderol. Maka jika ada yang mau undang, udanglah tanpa menanyakan banderol,” ungkap UAS

“Karena kita (penceramah) memang seharusnya yang mendatangi jamaah. Karena mereka (jamaah) sudah mau berkumpul dan mengumpulkan orang lain saja sudah cukup, kita tinggal datang, tak usah gusar,” lanjutnya.

Meski begitu, menurut prediksi Social Blade kanal Youtube yang juga dipakai UAS untuk berdakwah memiliki penghasilan sekitar USD586-USD9.400. Angka ini sama saja dengan nilai Rp8,2 juta sampai Rp132,3 juta per bulan.

Sementara itu, Ustaz Solmed juga menyatakan tak pernah mematok tarif ceramah. Ia menyerahkan hal tersebut kepada pihak yang mengundangnya. Namun, biaya dakwahnya sempat bocor dan belum lama ini kembali ramai.

Adapun soal tarif dakwahnya yang bocor itu, Ustaz Solmed dan pihak panitia awalnya sepakat dengan bayaran sebesar 6 ribu dollar Hongkong atau setara Rp8 juta. Hal ini dikarenakan ia yang hanya ingin dibayar seikhlasnya.

"Dari awal memang dia (Ustaz Solmed) tidak minta bayaran, tapi seikhlasnya. Pihak panitia sepakat memberi 6 ribu Dollar Hongkong," kata pempimpin majelis Thoriqul Jannah, Khalifah.

Namun, Ustaz Solmed mendadak berubah pikiran dengan menaikkan tarif hingga 10 juta dollar Hongkong atau sekitar Rp19,8 miliar. Selain itu, ia juga meminta empat tiket pesawat yang mulanya sepakat dua tiket pesawat.

"Solmed berubah pikiran dengan menaikan tarif 10 juta dollar Hongkong dan awalnya dua tiket lalu meminta 4 tiket pesawat," lanjut Khalifah.

Riwayat Pendidikan UAS Vs Ustaz Solmed

UAS pernah bersekolah di SD Al-Washliyah dan Madrasah Tsanawiyah Mu'allimin Al-Washliyah yang ada di Medan. 

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya tersebut ke Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu.

Setelah lulus, UAS mengambil program S1 Universitas Al-Azhar di Mesir. Lalu, ia melanjutkan S2 ke Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko. Lanjut, ia memutuskan mendaftar S3 di Universitas Islam Omdurman, Sudan.

Di sisi lain, UAS dipercaya menjadi Profesor Tamu di Fakulti Usuluddin Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam sejak 2020 hingga kini. Sebelumnya, ia juga diketahui pernah berkarier sebagai dosen.

Di antaranya menjadi dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, dan Agama Islam di Sekolah Tinggi Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Sementara itu, Ustaz Solmed merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. 

Ia memulai studi S1 Ilmu Hukum pada 2006. Suami dari April Jasmine ini satu kampus dengan Mamah Dedeh.

Melalui laman resmi UIN Jakarta, terungkap sejumlah materi yang diajarkan dalam jurusan yang diambil oleh Ustaz Solmed tersebut. Di antaranya mulai dari ilmu hukum, ilmu syariah, agama, moral, serta etika.

Sumber Berita / Artikel Asli: Suara

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved