Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Baliho Prabowo-Gibran Tutup Trotoar di Jakarta, Koalisi Pejalan Kaki: Merampas Hak Tunanetra dan Disabilitas

 

Koalisi Pejalan Kaki keluhkan pemasangan alat peraga kampanye di trotoar yang menggangu kenyamanan dan keamanan. Ketua Koalisi Pejalan Kaki, Alfred Sitorus menyebut kondisinya sudah parah.

"Kalau bicara angka tingkat keparahan, dari 1 sampai 10 per hari ini sudah 8," katanya ketika dihubungi, Senin, 15 Januari 2024. Ia mencontohkan salah satunya baliho paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka yang dipasang di trotoar dekat Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat.

Menurut dia, pemasangan atribut kampanye di trotoar oleh peserta pemilu menambah konflik baru bagi pejalan kaki. Terlebih mereka yang berkebutuhan khusus, seperti tunanetra atau disabilitas.

"Ruang pejalan kaki ini jadi sasaran empuk bagi mereka (peserta pemilu) yang tidak memiliki rasa simpati dan tanggung jawab," ucapnya. Alfred mengatakan bahwa angka kecelakaan pejalan kaki di Indonesia cukup tinggi.

Dengan adanya pemasangan atribut kampanye di trotoar, ia khawatir angka kecelakaan itu bakal bertambah. Ia menilai akibat pemasangan atribut kampanye di trotoar ini berkenaan dengan nyawa manusia yang terancam.

"Kalau akses jalannya diblok, orang pasti turun ke jalan. Ini berbahaya," ujarnya. Bukan cuma soal nyawa, kata Alfred, trotoar itu bisa dipandang sebagai identitas peradaban kota.

Ia meminta agar peserta pemilu yang masih bandel dengan memasang atribut kampanye di trotoar dan tempat-tempat yang dilarang agar segera bertobat. "Kami prihatin, ternyata semudah itu merampas ruangnya pejalan kaki, terutama tunanetra dan disabilitas," ucap Alfred.

Sebelumnya viral di media sosial baliho pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo-Gibran terpasang di trotoar dan menghalangi pejalan kaki. Dua baliho yang menutup trotoar itu berada di ujung Jalan Cemara dan di Jalan H.O.S Cokroaminoto, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan unggahan video di akun instagram @koalisipejalankaki pada Ahad malam, 14 Januari 2024. Aktivitas para pejalan kaki pun terganggu saat melewati dua area trotoar yang terdapat baliho pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu.

"Berupaya #DekatDenganPejalanKaki, saking deketnya sampai menghalangi akses #TrotoarUntukPejalanKaki. Kebetulan saja pejalan kaki di video bisa akrobat,” tulis akun @koalisipejalankaki pada Ahad malam, 14 Januari 2024.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved