Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

6 Survei Capres Anies-Prabowo-Ganjar, Ini Sosok Paling Unggul


 Sejumlah survei terbaru terkait bakal calon presiden (bancapres) RI di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 terus muncul.

Dalam catatan CNBC Indonesia di Juli ini, setidaknya ada lima survei terbaru yang memuat kandidat terkuat.

Lalu siapa yang unggul?

Survei Ipsos Indonesia

Terbaru datang dari Ipsos Indonesia, Selasa (18/7/2023). Lembaga itu merilis telesurvey terkait tiga calon presiden (capres) yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Ketiga salon bersaing ketat. Namun Prabowo Subianto disebut unggul, di mana ia mendapat 36,5% suara, sementara Ganhar 34,46% dan Anies 25,60%.

Survei Ipsos tersebut dilakukan 7 hingga 12 Juli 2023, di mana ada 1191 responden di 34 provinsi. Namun peneliti Ipsos mengatakan sosok calon wakil presiden (cawapres) bisa menjadi faktor penentu kemenangan

Survei LPI

Survei juga dilakukan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI). Ini terkait bancapres yang menjadi pilihan milenial kampus.

Hasilnya Ganjar Pranowo mengungguli dua calon lain yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Survei merujuk sejumlah indikator, mulai dari rekam jejak, integritas, kompetensi, skill, leadership, nasionalisme, dan keselarasan dengan leadership Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dari semua indikator yang diukur, Ganjar unggul dengan angka 36,18% Prabowo Subianto mendapat nilai 33,75%, dan Anis Baswedan mendapat nilai 30,07%," ujar Direktur LPI Boni Hargens, akhir pekan.

Di rekam jejak misalnya, Ganjar unggul dengan angka 37,44%, disusul Prabowo 34,3% dan Anies 28,18 %. Di sisi integritas, Ganjar 36,27 %, Prabowo Subianto 33,93 % dan Anies 29,80%.

Survei ini sendiri dilakukan pada 5 sampai 11 Juli 2023. Milenial kampus yang dimaksud dalam survei merupakan kelompok anak muda yang berpendidikan tinggi (D3, S1, S2, S3).

Mereka memiliki rentang umur dari 27 tahun sampai 42 tahun. LPI mengklaim mereka secara sadar dan aktif mengamati isu nasional dan memiliki pandangan mandiri terhadap isu-isu politik yang terjadi menjelang pemilu 2024, setidaknya selama semester pertama tahun 2023.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah cluster sampling. Di mana subjek yang ditunjuk sebagai sampel adalah berdasarkan berdasarkan pengelompokkan milenial dari setiap kampus di kota atau provinsi.

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 700 responden. Margin of error sebesar 2,8% pada tingkat kepercayaan ± 97,2%.

Survei Indostrategic

Lembaga Indostrategic meluncurkan hasil survei elektabilitas. Namun bukan calon melainkan partai politik menjelang Pemilu 2024.

Hasilnya, elektabilitas PDI Perjuangan masih bertengger di posisi pertama. Lalu disusul Partai Golkar hingga PKB bersaing ketat.

Berikut lengkapnya:

PDIP 21,7%

Gerindra 15,2%

Golkar 10,8%

Demokrat 10,2%

PKB 9,8%

NasDem 8,4%

PKS 7,7%

PAN 2,8%

PPP 2,6%

PSI 0,6%

Perindo 0,6%

Hanura 0,2%

Buruh 0,2%

PBB 0,1%

Garuda 0,1%

Ummat 0,1%

PKN 0,0%

TT/belum memutuskan 8,5%

Survei dilakukan pada 9-20 Juni 2023. Teknik pengambil sampel survei ini yakni multi-stage random sampling.

Terdapat 1.400 responden dari 38 provinsi dari seluruh Indonesia yang mempunyai hak memilih atau sudah menikah. Teknik pengambilan data dalam survei ini adalah wawancara tatap muka, margin of error 2,62%.

"PDIP masih teratas, diikuti Gerindra posisi kedua," ujar Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam.

Survei SMRC

SMRC mempublikasikan survei 13 Juli lalu. Terungkap bagaimana Ganjar Pranowo mencapai 73% suara, sementara Anies Baswedan 61% dan Prabowo Subianto 59%.

Pendiri SMRC, Saiful Mujani menjelaskan bahwa survei SMRC yang dilakukan pada Mei 2023. Ini menunjukkan secara umum ada 33% yang menyatakan masih sangat atau cukup besar kemungkinan untuk mengubah pilihan presiden, dengan 64% tidak dan 3% belum menjawab.

"Jika perbedaan pemilih kuat dan lemah signifikan di masing-masing calon, maka perubahan-perubahan atau suara swing akan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perolehan akhir dalam kontestasi ini," jelas pendiri SMRC tersebut seperti dikutip siaran pers.

Survei LSI

LSI merilis juga merilis 11 Juli lalu. Hasilnya, Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di survei bakal capres 2024.

Target populasi survei LSI adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional. Survei dilakukan pada 1-8 Juli 2023.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Responden awalnya diberikan pertanyaan. Yakni "jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?".

Hasilnya Prabowo Subianto mendapat 35,8%. Sementara Ganjar Pranowo 32,2% dan Anies Baswedan 21,4%

"Prabowo unggul 3,6%. Sudah cukup bagus tapi belum mencapai dua kali margin of error," ucapnya.

Berdasarkan tren, nama Prabowo mengalami peningkatan dari sebelumnya 30,3% pada April lalu menjadi 35,8% pada Juli. Nama Ganjar juga mengalami peningkatan dari April lalu 26,9% menjadi 32,2% pada Juli.

Sedangkan nama Anies mengalami penurunan dibanding April lalu. Dari 25,3% menjadi 21,4% pada Juli.

"Terjadi tren penguatan dukungan kepada Prabowo, secara konsisten sejak Januari 2023 sampai sekarang," ucap Djayadi.

"Yang menarik juga adalah Anies juga mengalami penurunan," imbuhnya.

Survei IPN

Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN ) juga menggelar survei terkait elektabilitas capres di Pemilu 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei ini digelar pada 17 hingga 27 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Perlu diketahui metode survei dilakukan dengan wawancara langsung atau direct interview dengan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Para responden ditanyakan pertanyaan 'seandainya Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini dan hanya diikuti oleh tiga calon, siapakah yang akan anda pilih?'. Hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 42,3%.

Berikut ini hasil survei elektabilitas Capres 2024 versi IPN:

Prabowo Subianto 42,3%

Ganjar Pranowo 37,4%

Anies Baswedan 17%

TT/TJ 3,3%

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved