Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prabowo Ajukan Proposal Perdamaian Tanpa Izin Jokowi, Kok Bisa?


 Kader Partai Kebangkitan Bangsa Umar Hasibuan atau Gus Umar menyoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait usulan proposal damai mengenai resolusi konflik Rusia-Ukraina. 

Diketahui, Jokowi menegaskan bahwa proposal yang ditolak Ukraina itu memang dari Prabowo secara pribadi. 

Menanggapi hal itu, Gus Umar memberikan komentarnya dalam akun Twitter @Umar_Hasibuan__.

"Piye pak bowo? Kok bisa?," ujar dia seperti dikutip dari WE NewsWorthy. 

Sebelumnya, Prabowo menghadiri IISS Shang-ri La Dialogue 2023 di Singapura pada Sabtu (3/6) di mana dirinya sempat menyampaikan sejumlah usulan untuk resolusi damai atas konflik perang Rusia-Ukraina.

Menhan menyampaikan setidaknya empat usulan yakni gencatan senjata di titik-titik konflik, penarikan mundur pasukan kedua pihak sejauh 15 kilometer untuk menciptakan zona demiliterisasi.

Pengutusan pasukan pemantau perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan penyelenggaraan referendum oleh PBB di wilayah-wilayah yang oleh Prabowo disebut sebagai "daerah sengketa".

"PBB perlu mengatur dan melaksanakan referendum di wilayah-wilayah sengketa untuk memastikan secara obyektif keinginan mayoritas penduduk di berbagai wilayah sengketa tersebut," kata Prabowo pada Sabtu (3/6).

Usulan itu menuai respon yang beragam, termasuk pernyataan resmi dari juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko yang menegaskan menolak usulan dari Prabowo.

Nikolenko mengapresiasi perhatian atas upaya mengembalikan perdamaian ke Rusia, tapi ia menyebut usulan tersebut "seperti menarik kesimpulan dari sejarahnya sendiri."

"Rusia harus mundur dari wilayah Ukraina, dan Ukraina berhak mengembalikan integritas wilayahnya sesuai perbatasan yang diakui internasional. Tidak ada skenario alternatif," ujar Nikolenko.

Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved