Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Maling Teriak Maling! Ngakunya Mau Sikat Korupsi, Oknum KPK Sunat Uang Perjalanan Dinas Rp550 Juta


Dugaan kasus korupsi di temukan di Internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hal ini sudah diakui petinggi lembaga antirasuah itu, ada sejumlah oknum diduga melakukan penyelewengan yang merugikan negara hingga Rp550 juta.

“Dengan ini saya menyampaikan dugaan tipikor di lingkup bidang kerja administrasi yang dilakukan salah satu oknum KPK,” kata Sekretaris Jendral (Sekjen) KPK RI, Cahya H Harefa kepada wartawan Rabu (28/6/2023).

Cahya juga menyebut kerugian ini berada di lingkup bidang kerja administrasi yang dilakukan oknum karyawan KPK. Dia menyebut dugaan kasus ini terendus karena adanya keluhan proses administrasi yang berlarut.

Terlebih, sejumlah karyawan KPK lainnya juga ikut merasakan aksi oknum yang memotong uang perjalanan dinas. Menurut Cahya, Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan dan penghitungan dugaan kerugian keuangan negara capai angka Rp550 juta dalam kurun waktu tahun 2021 hingga 2022.

"Atas bukti permulaan tersebut pejabat pembina melaporkan dugaan korupsi ini kepada kedeputian bidang penindakan dan eksekusi KPK,” jelas Cahya.

Cahya mengungkapkan bahwa oknum tersebut sudah dibebas tugaskan untuk memudahkan proses pemeriksaan. Kemudian setelah itu akan melaporkan dugaan pelanggaran etik oknum tersebut ke dewan pengawas (dewas) KPK.

Pengungkapan dan penanganan dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan KPK sendiri ini bagi Cahya merupakan bagian dari ikhtiar atau upaya meningkatkan sikap disiplin.

"Ini bagian dari upaya atau ikhtiar memastikan pelaksanaan tugas-tugas pemberantasan korupsi di setiap lini dilakukan secara taat asas, prosedur serta tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku dan kode etik konstitusi," jelas Cahya.

Disisi lain, KPK juga terus meningkatkan inovasi dan digitalisasi proses administrasi. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya fraud atau kecurangan dalam pengelolaan keuangan serta administrasi di lingkungan KPK.

Sumber Berita / Artikel Asli : populis

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved