Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Demi Jegal Anies Baswedan, Majalah Tempo Pun Difitnah




 Sebuah berkas diklaim sebagai Majalah Tempo versi PDF edisi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Sugeng Suparwoto bohir Anies Baswedan.

Beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp, Sabtu, 10 Juni 2023, bakal calon presiden Pilpres 2024, Anies Baswedan ditampilkan pada bagian sampul bersama Sugeng Suparwoto.

Tulisan-tulisan di dalamnya menyatakan bahwa Anies didukung beberapa bohir alias pemodal atau kontraktor untuk maju di Pilpres 2024.

Salah satunya Sugeng Suparwoto, yang di dalam dokumen disebut menerima uang suap dari Pertamina.


Tulisan-tulisan itu juga membahas kasus pelecehan seksual yang menyeret Sugeng, gaya hedon keluarganya, dan cara-cara busuk dirinya mendapatkan uang dari Pertamina.

Namun, benarkah Majalah Tempo menerbitkan tulisan-tulisan itu?

PEMERIKSAAN FAKTA

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasa, mengatakan bahwa Majalah Tempo tidak menerbitkan edisi sebagaimana dalam file PDF yang beredar tersebut.

Meskipun memiliki kemiripan, file yang terkesan menyerang salah satu bakal calon presiden di Pilpres 2024 tersebut tidak diterbitkan oleh Tempo.

“Ada pihak yang memakai format kaver dan merek Tempo tanpa seizin kami untuk kepentingan menyerang pihak lain,” kata Setri melalui pesan kepada Tim Cek Fakta Tempo, Sabtu, 10 Juni 2023.

Berkas PDF yang mirip Majalah Tempo itu tidak menyertakan tanggal edisi dan tidak menyertakan narasumber dalam tulisan-tulisannya. Pun tidak ditemukan sampul yang sama dalam edisi-edisi terbaru Majalah Tempo di situs resminya yang bisa diakses di: https://majalah.tempo.co


Situs Tempo.co memang pernah memberitakan kasus dugaan pelecehan seksual yang menyeret Sugeng yang diadukan perempuan berinisial A ke Bareskirm Polri. Publikasi atas laporan itu dibaca di sini dan sini.

Selain berita soal pelecehan seksual tersebut, situs Tempo.co maupun Majalah Tempo tidak pernah menurunkan laporan bahwa Sugeng meminta suap dari Pertamina dan menjadi bohir Anies, setidaknya hingga artikel Cek Fakta ini diturunkan. Belum ada bukti-bukti tentang suap yang dilakukan Sugeng ke Pertamina.

Setri menerangkan, pihaknya tidak tahu siapa yang membuat dan menyebarkan file PDF mirip Majalah Tempo tersebut.

Ia mengimbau masyarakat mengakses Majalah Tempo di aplikasi gawai dan website majalah.tempo.co, serta menghubungi layanan Tempo bila menemukan konten mencurigakan yang mengatasnamakan Tempo.

“Kami mengecam dengan sangat keras tindakan memakai cover dan merek Majalah Tempo untuk kepentingan penyebaran hoaks atau fitnah.

Tindakan tersebut melanggar hukum, bisa diartikan upaya lancung menganggu kerja jurnalistik Tempo, dan mengganggu kebebasan pers,” kata Setri.

Verifikasi Foto


 

Tempo mendapati bahwa foto Sugeng yang digunakan dalam file PDF yang beredar tersebut sama dengan yang terpasang di halaman profilnya di situs web resmi DPR RI. Foto tersebut bisa diunduh dengan mudah dari sana.

KESIMPULAN

Berdasarkan verifikasi Tempo, klaim berkas PDF yang beredar merupakan Majalah Tempo yang memberitakan Sugeng Suparwoto menjadi salah satu bohir yang mendukung pencapresan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 adalah keliru.

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra, mengatakan bahwa Majalah Tempo tidak menerbitkan edisi yang mirip dengan fila PDF tersebut.

Selain itu, tampilan sampul dalam file PDF tidak ditemukan dalam edisi-edisi majalah di aplikasi gawai Tempo maupun situs web majalah.tempo.co.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved