Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Aktivis Pro Israel Usul Seluruh Ponpes Nyanyikan Lagu Yahudi seperti Al Zaytun


 Aktivis Pro Israel dan Yahudi Monique Rijkers, memberikan dukungannya kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun yang menurutnya telah mengajarkan anak didiknya untuk memiliki sikap toleransi. Salah satu contohnya, menurut Monique, Panji mengajarkan anaknya untuk menyanyikan lagu-lagu Yahudi.

Menurut Monique, hal tersebut merupakan langkah yang baik untuk menanamkan nnilai toleransi kepada anak-anak. Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi keberagaman, harus mengajarkan toleransi sejak dini kepada generasi muda.

"Itu benih baik ya saya bilang bagi kita di Indonesia yang pluralitas begini, yang besar, dan kita ini adalah negara muslim terbesar di dunia. Nah tentu saja pemikirannya harus bisa sesuai ya dengan nilai-nilai Pancasila. Pemikirannya harus sesuai juga dengan konteks geopolitik," kata Monique, dalam program Catatan Demokrasi di tvOne, Selasa malam 27 Juni 2023.

Bahkan Monique mengatakan bahwa apa yang dilakukan Panji Gumilang harus dicontoh oleh Pondok Pesantren lain. Dia menyarankan agar Pondok Pesantren lainnya di Indonesia juga memutar lagu dari agama Yahudi dan juga dari negara-negara lain non-arab.

"Alangkah baiknya kan, kalau semua Pesantren bisa nyanyi lagu Yahudi, bisa nyanyi lagu Tionghoa, bisa nyanyi lagu India, bener nggak? Jangan hanya lagu bahasa Arab," kata Monique

Monique menganggap Panji Gumilang sosok yang tepat dijadikan contoh dalam bertoleransi.

"Kalau saya sebagai seorang yang aktivis toleransi, aktivitas keberagaman, tentu sangat menyambut baik kegiatan-kegiatannya Al Zaytun. Kenapa? karena ini institusi pendidikan Islam dan mereka tampil dengan wajah toleran, dengan keberagaman, yakni menyanyikan lagu Yahudi," ujar Monique

Monique juga sedikit mengungkapkan mengenai lagu Yahudi yang diputar Al Zaytun dan viral di media sosial. Menurutnya, lagu tersebut berjudul Havenu Shalom Alechem yang merupakan lagu rakyat Yahudi.

"Itu betul lagu Yahudi, itu lagu kayak lagu rakyat Yahudi, jadi bukan lagu Israel, jadi semua orang Yahudi di seluruh dunia mengenal lagu ini. Namanya lagu Shalom Alechem dan Syalom alaihim itu sendiri artinya damai atasmu," ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : viva

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved