Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tentara NATO Diserang, Negara Eropa Ini di Ambang Perang Baru


 Lebih dari 30 tentara penjaga perdamaian NATO yang mempertahankan tiga balai kota di Kosovo utara terluka dalam bentrokan dengan pengunjuk rasa Serbia pada Senin (29/5/2023), sementara presiden Serbia menempatkan tentara pada tingkat siaga tempur tertinggi.

KFOR, misi penjaga perdamaian yang dipimpin NATO ke Kosovo, mengutuk kekerasan tersebut.

"Saat melawan kerumunan paling aktif, beberapa tentara dari kontingen KFOR Italia dan Hungaria menjadi sasaran serangan tak beralasan dan luka trauma yang berkelanjutan dengan patah tulang dan luka bakar akibat ledakan alat pembakar," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Selasa (30/5/2023).

Menteri Pertahanan Hungaria Kristof Szalay-Bobrovniczky mengatakan bahwa 7 tentara Hungaria terluka parah dan mereka akan dibawa ke Hungaria untuk dirawat. Dia mengatakan tentara Italia juga terluka dalam bentrokan. 

"Apa yang terjadi benar-benar tidak dapat diterima dan tidak bertanggung jawab," kata Giorgia Meloni dari Italia dalam sebuah pernyataan.

"Sangat penting untuk menghindari tindakan sepihak lebih lanjut dari pihak otoritas Kosovar dan semua pihak yang bersangkutan segera mengambil langkah mundur untuk meredakan ketegangan."

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan bahwa 52 orang Serbia terluka, tiga di antaranya serius.

Di sisi lain, Presiden Kosovo Vjosa Osmani menuduh mitra Serbia Aleksandar Vucic mendestabilisasi Kosovo. 

"Bangunan ilegal Serbia yang berubah menjadi geng kriminal telah menyerang polisi Kosovo, petugas KFOR (pemelihara perdamaian) dan jurnalis. Mereka yang melaksanakan perintah Vucic untuk mengacaukan wilayah utara Kosovo harus diadili," cuit Osmani.

Vucic menuduh Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti menciptakan ketegangan. Dia meminta orang Serbia di Kosovo untuk menghindari bentrokan dengan tentara NATO.

Situasi tegang berkembang setelah wali kota etnis Albania menjabat di wilayah mayoritas Serbia di Kosovo utara setelah pemilu yang diboikot oleh Serbia - sebuah langkah yang membuat AS dan sekutunya menegur Pristina pada hari Jumat.

Di Zvecan, salah satu kota, polisi Kosovo - yang dikelola oleh etnis Albania setelah Serbia keluar dari kepolisian tahun lalu - menyemprotkan gas merica untuk mengusir kerumunan orang Serbia yang menerobos barikade keamanan dan mencoba memaksa masuk ke gedung kotamadya. 

Sementara itu, pengunjuk rasa Serbia di Zvecan melemparkan gas air mata dan granat kejut ke tentara NATO. Warga Serbia juga bentrok dengan polisi di Zvecan dan kendaraan NATO yang dicat semprot dengan huruf "Z", mengacu pada tanda Rusia yang digunakan dalam perang di Ukraina.

Di Leposavic, dekat perbatasan dengan Serbia, pasukan penjaga perdamaian AS dengan pakaian anti huru hara memasang kawat berduri di sekitar balai kota untuk melindunginya dari ratusan orang Serbia yang marah.

Kemudian pengunjuk rasa melemparkan telur ke mobil yang diparkir milik walikota baru Leposavic.

Menteri Pertahanan Milos Vucevic mengatakan, Vucic, yang merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata Serbia, meningkatkan kesiapan tempur tentara ke tingkat tertinggi. 

"Ini menyiratkan bahwa segera sebelum pukul 14:00, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Serbia mengeluarkan instruksi tambahan untuk penempatan unit-unit tentara di posisi khusus yang ditentukan," kata Vucevic, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Penjaga perdamaian NATO juga memblokade balai kota di Zubin Potok untuk melindunginya dari warga Serbia setempat yang marah.

Igor Simic, wakil ketua Serbia List, partai Serbia Kosovo terbesar yang didukung Beograd, menuduh Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti memicu ketegangan di utara.

"Kami tertarik pada perdamaian. Warga Albania yang tinggal di sini tertarik pada perdamaian, dan hanya dia (Kurti) yang ingin membuat kekacauan," kata Simic kepada wartawan di Zvecan.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved