Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Raih Kemenangan, Erdogan Banjir Ucapan Selamat dari Para Pemimpin Dunia

 




Ucapan selamat dari para pemimpin dunia mengalir deras kepada Recep Tayyip Erdogan setelah mengantongi kemenangan pada putaran kedua pemilihan presiden Turki.

Dengan 99,43 persen suara yang telah dihitung, hasil resmi awal yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) pada Minggu (28/5/2023) malam waktu setempat menunjukkan bahwa Erdogan unggul 52,14 persen perolehan suara atas rivalnya Kemal Kilicdaroglu yang meraih 47,86 persen.

Dunia Arab pun langsung menyambut kemenangan Erdogan ini. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menyampaikan ucapan selamat melalui kabel diplomatik.

“Pada kesempatan pemilihan kembali Yang Mulia untuk masa jabatan presiden yang baru, kami dengan senang hati mengirimkan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik untuk sukses dan kemajuan lebih lanjut dan kemakmuran untuk saudara-saudara Turki. Kami memuji pada kesempatan ini hubungan persaudaraan yang mengikat kedua negara dan bangsa yang bersaudara, yang kami perkuat dan kembangkan di segala bidang,” bunyi ucapan dari Raja Salman.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman juga tak ketinggalan mengirim pesan ucapan selamat. “Pada kesempatan pemilihan kembali Yang Mulia untuk masa jabatan presiden yang baru, saya dengan senang hati mengirimkan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik untuk sukses, dan kemajuan lebih lanjut untuk saudara-saudara Turki,” katanya. 

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad ikut mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya. Menurut kantor berita QNA, Sheikh Tamim berharap Erdogan sukses untuk masa jabatan baru guna mewujudkan aspirasi rakyat Turki dalam kemajuan dan kemakmuran. Pemimpin Qatar itu juga berharap hubungan yang semakin kuat antar kedua negara.

Pemimpin Oman Sultan Haitham bin Tariq al-Said turut mengirim telegram ucapan selamat kepada Erdogan. Demikian pula halnya dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed yang menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan via Twitter.

“Selamat kepada [Erdogan] atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Turki. Kami berharap dapat bekerja sama untuk lebih meningkatkan kemitraan strategis antara kedua negara kami, dan kami berharap kemajuan dan kemakmuran yang berkelanjutan bagi Turki dan rakyatnya,” tulis Sheikh Mohamed.

Di luar dunia Arab, ada Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev yang menjadi salah satu pemimpin pertama yang memberi selamat kepada Erdogan. Dia mengatakan bahwa hasil putaran kedua menunjukkan bahwa orang-orang Turki yang ramah mendukung kebijakan presiden dan program reformasi. 

Selain itu, Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh dan Presiden Serbia Aleksandar Vucic juga mengucapkan selamat kepada Erdogan.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban juga mengucapkan selamat seraya mengatakan kemenangan pemilihan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyampaikan ucapan selamatnya melalui panggilan telepon dan langsung mengundang Erdogan untuk berkunjung ke Baku.

Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif mengatakan kemenangan Erdogan mencerminkan kepercayaan dan keyakinan rakyat Turki dalam kepemimpinannya yang dinamis, sementara Presiden Iran Ebrahim Raisi menyebutnya tanda kepercayaan yang terus berharga dari rakyat Turki.

Zeljka Cvijanovic, ketua Kepresidenan Bosnia-Herzegovina, juga menyampaikan ucapan selamat untuk Erdogan. “Saya menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan keyakinan saya bahwa rakyat Turki telah memilih jalan yang mencakup kemakmuran ekonomi, kesejahteraan sosial serta stabilitas regional,” katanya dalam sebuah pesan.

Di media sosial, pemimpin Serbia Bosnia Milorad Dodik memuji kemenangan Erdogan sebagai peristiwa bersejarah.

“Para pemilih kembali memilih Anda sebagai pemimpin mereka. Keputusan pemilih ini tidak hanya penting bagi Republik Turkiye, tetapi bagi dunia. Selamat,” kata Dodik, presiden entitas Republika Srpska di Bosnia-Herzegovina.

Presiden Kosovo Vjosa Osmani juga menyambut kemenangan Erdogan di media sosial. “Saat Anda terus memimpin Turki menuju kesuksesan baru, saya berharap dapat bekerja sama untuk membangun kerja sama kita yang luar biasa,” tulisnya dalam bahasa Turki. 

Ucapan selamat juga datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan mengatakan bahwa itu adalah bukti rakyat Turki menghargai pekerjaan tanpa pamrih dan kebijakan luar negeri independen Erdogan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Albania Edi Rama dan mantan Presiden Montenegro Milo Djukanovic juga mengucapkan selamat kepada Erdogan. “Dengan Presiden Erdogan, yang saya ucapkan selamat atas terpilihnya kembali, kami akan terus bergerak maju,” cuit Macron. “Prancis dan Turki memiliki tantangan besar untuk dihadapi bersama,” lanjut dia

Di Libya, Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibah mengatakan kemenangan pemilihan Erdogan itu menunjukkan pembaruan kepercayaan rakyat dalam proyek dan kebijakannya yang sukses.

Sumber Berita / Artikel Asli : inilah

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved