10 Agama Terbesar di Dunia 2022 Berdasarkan Jumlah Pengikutnya, Islam ke Berapa?

384

Ada sejumlah agama yang dianut oleh penduduk dunia. Dari hasil riset, ada beberapa agama terbesar di dunia 2022 yang dihitung dari banyaknya jumlah pengikut.

Agama-agama populer tersebut inilah yang menjadi kepercayaan milyaran manusia di muka bumi serta menduduki posisi teratas dari 4.300 agama lainnya. Lantas, apa saja agama terbesar di dunia saat ini?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), agama merupakan sistem atau ajaran yang mengatur kepercayaan (keimanan) manusia.

Termasuk tata laksana peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Serta kaidah yang berhubungan dengan interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Seseorang yang beragama tertentu disebut sebagai penganut atau pemeluk agama.

Agama Terbesar di Dunia

Pada beberapa agama, ajarannya turut mengkolaborasikan kebiasaan dan adat istiadat di sebuah wilayah.

Agama sangat mempengaruhi pembentukan keyakinan etis dan moral seseorang. Berdasarkan data World Population Review, berikut ada agama terbesar di dunia.

1. Kristen

Agama terbesar pertama di dunia adalah agama Kristen. Total penganutnya mencapai 2,38 miliar atau sekitar 32% dari 8 miliar populasi manusia. Kristen sendiri mempunyai beberapa aliran, diantaranya Protestan, Katolik, dan Ortodoks.

Ajaran Yesus Kristus ini sudah lahir sejak tahun 27 M. Vatikan merupakan kota dengan 100% penduduknya beragama Katolik Roma. Disusul oleh Kepulauan Pitcairn dengan aliran Advent.

2. Islam

Agama terbesar kedua di dunia adalah agama Islam. Jumlah pengikutnya diketahui sekitar 1,91 miliar jiwa. Negara dengan 100 persen jumlah penduduknya muslim yakni Arab Saudi, Maladewa, dan Mauritania.

Sementara masyarakat di Palestina, Iran, Irak, Yaman, dan Afghanistan, 99% memilih Islam sebagai tuntunan hidup. Total terdapat 50 negara dengan mayoritas Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aliran Islam sendiri terdiri atas Sunni dan Syiah

3. Hindu

Agama terbesar berikutnya adalah Hindu. yang mempunyai beberapa aliran ini juga masuk daftar 10 agama terbesar di dunia 2022.

Hindu memiliki pengikut sekitar 1,16 miliar jiwa. Negara dengan jumlah penganut agama Hindu terbanyak adalah India, kemudian Nepal, Sri Lanka, dan Bangladesh. Untuk aliran Hindu meliputi Shaivisme, Shaktisme, Vaishnavisme, dan Smartisme.

4. Budha

Agama terbesar selanjutnya adalah Budha. Selama ini, orang mengenal Buddha berasal dari India. Namun ternyata jumlah pengikut ajaran agama terbesar berasal dari China, yakni sekitar 254,7 juta jiwa.

Sedangkan jumlah keseluruhan pengikut Budha mencapai 507 juta jiwa. Di posisi kedua, ada Thailand dengan 66,1 juta Buddhis, diikuti Myanmar dan Jepang.

5. Agama Lokal Tionghoa

Agama tradisional yang mayoritas dipercaya oleh Suku Han ini mempunyai 384 juta pengikut atau 5,5 persen dari total populasi manusia di bumi.

Agama Tionghoa tidak merilis kitab suci secara resmi. Para penganutnya diketahui sangat menghormati leluhur dan dewa-dewi.

6. Shinto

Agama terbesar di dunia 2022 yang ke-6 adalah Shinto. Agama ini berkembang di Jepang mulai abad ke-8 Masehi. Hingga saat ini, tercatat ada 104 juta jiwa pengikut Shinto.

Shinto mengajarkan umat manusia untuk memuja serta berbakti kepada pemimpin daerah, yakni raja.

Mereka memiliki praktik kerohanian berbasis kebudayaan. Semua gejala alam, termasuk benda hidup dan mati diyakini membawa ruh.

7. Sikhisme

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, India juga mengembangkan beberapa ajaran keagamaan. Sikhisme dicetuskan oleh Guru Nanak dan sepuluh pengikutnya.

Agama ini pertama kali diketahui muncul di Punjab, India Utara pada tahun 1469. Agama dengan 30 juta pengikut ini berorientasi terhadap keesaan Tuhan.

8. Yudaisme

Agama ini dipelopori oleh Abraham, Isaac, dan Yakub di Tanah Timur Tengah pada sekitar abad ke-8 Sebelum Masehi.

Ada tiga cabang sekte yang diajarkan, yakni Yudaisme Konservatif, Yudaisme Ortodoks, dan Yudaisme Reformasi. Ada 14 juta orang yang bersedia mempelajari Yudaisme. Mereka hanya mempercayai satu Tuhan, tetapi menafsirkan kitab suci dengan praktiknya berbeda-beda.

9. Taoisme

Taoisme merupakan agama terbesar ke-9 di dunia. Agama yang ditemukan di dataran Cina ini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu. Tercatat ada sekitar 12 juta penganut Taoisme. Taoisme atau juga dikenal sebagai Daoisme, fokus kepada keseimbangan kehidupan dengan naik turunnya gejolak alam. Pemrakarsanya ialah Laozi yang hidup di era akhir Dinasti Han Timur.

10. Muisme

Agama terbesar di dunia terkahir adalah Muisme. Muisme atau Shamanisme Korea diikuti oleh 10 juta pengikut.

Kehidupan mereka sangat berkaitan erat dengan sejarah dan budaya tradisional Korea. Keyakinannya banyak dipengaruhi oleh Buddha dan Taoisme. Muisme menunjuk Mudang, tokoh yang akan melakukan kontak dengan dewa.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here