Xi Jinping: Wabah Virus Corona Ujian Besar bagi China

300
Presiden CHina, Xi Jinping. (Foto: AFP PHOTO / POOL / Lintao Zhang)
Jakarta — Presiden ChinaXi Jinping mengatakan penyebaran wabah virus corona merupakan ujian besar bagi pemerintah. Ia memerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan XI di tengah rapat dengan pejabat tinggi China pada Senin (3/2).

“Wabah ini adalah ujian sistem dan kapasitas China dan kita harus menjadikannya pengalaman dan mengambil pelajaran dari itu,” kata Xi seperti mengutip Xinhua.

“Pencegahan dan pengendalian epidemi bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga pekerjaan komprehensif yang membutuhkan dukungan menyeluruh,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, XI dan sejumlah pejabat tinggi China sepakat untuk meningkatkan kesehatan dan sistem manajemen termasuk perbaikan sanitasi dan penghentian perdagangan satwa liar ilegal.

Penyebaran virus corona yang masif dalam dua bulan terakhir membuat pemerintah China kewalahan memenuhi peralatan medis dan masker. Saat ini masyarakat China kesulitan mendapatkan masker karena sebagian besar buruh pabrik sedang libur Imlek.

Pemerintah sejumlah provinsi besar di China, termasuk Guangdong meminta agar pemerintah pusat membantu menyediakan masker. Mengingat, pemerintah lokal mewajibkan warganya untuk mengenakan masker.

Hingga Selasa (4/2) korban meninggal dunia akibat virus corona tercatat 425 orang di China. Dalam sehari, korban meninggal dunia bertambah 64 orang di Provinsi Hubei, pusat penyebaran virus corona.

Total korban meninggal dunia bertambah menjadi 414 di daerah pusat penyebarannya di Hubei dan total 425 orang di seluruh China.

Mengutip AFP, penyebaran virus corona dalam sehari di Hubei bertambah 2.345 dan total mencapai 3.235 kasus di seluruh China.

Pemerintah China mencatat 10.990 pasien dengan 576 lainnya dinyatakan dalam kondisi kritis tengah mendapat perawatan di Hubei.

Selain di China, virus corona juga menewaskan masing-masing satu orang di Hong Kong dan Filipina.

Xi Jinping: Wabah Virus Corona Ujian Besar Bagi ChinaFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi

(Xinhua/evn), CNN Indonesia

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...